Belakangan ramai diperbincangkan terkait kisruh antara Kartika Putri dengan dokter Richard Lee. Hal ini pun semakin memanas ketika dokter Richard memajang foto Dewi Perssik di konten YouTubenya tanpa izin.

Dalam video tersebut, Dewi Perssik merasa imagenya menjadi buruk karena dianggap menerima endorse dari dokter palsu. Dengan begitu, dokter Richard pun telah menyampaikan permintaan maafnya kepada Dewi Perssik. 

Tak hanya sampai di situ, saat Live Instagram pada Senin (15/2/2021) pagi, wanita yang akrab disapa Depe ini berbicara terkait berilmu dan beradab. Apakah itu sindirian untuk dokter Richard?

"Orang berilmu itu belum tentu beradab, kenapa? Makanya mending jadi orang yang enggak berilmu tapi dia punya adab. Kalau dia punya adab dia tau, dia berbicara dengan siapa, tau apa yang harus diungkapkan, dia tahu, dia paham, gitu loh dan dia mau belajar karena ingin pintar," tutur Depe.

"Tapi kalau orang yang merasa berilmu dia akan merasa pintar, jadi disaat ada orang yang berbagi ilmu, berbagi wawasan itu dibilang sok pinter. DI mana-mana itu, kita punya kode etik," sambung Depe.

Depe melanjutkan bahwa jika terjadi masalah harus diselesaikan secara bijaksana. Terlebih jika belum ada bukti konkret sebaiknya jangan main hakim sendiri.

"Setahu aku, kalau misalkan kita punya masalah apapun bentuknya, kita itu enggak boleh menghakimi siapapun itu, gak boleh main hakim sendiri selama belum ada bukti yang valid. Bukti yang valid itu hanya bisa diucapkan oleh yang berwenang. Itu namanya adab, itu namanya kode etik. Enggak boleh sembarangan mengucapkan merek, itu yang menjadi masalah," imbuh Depe.

"Profesi dokter itu malah justru harus lebih berhati-hati dalam mengucapkan merek karena walaupun dia berprofesi dokter, dia wajib untuk mengedukasi isinya, bukan untuk membicarakan mengenai merek," tukasnya.