Moms pasti sudah tahu, pemberian ASI kepada bayi sangat penting. Beberapa ibu juga sudah menerapkan pola makan untuk bayinya dengan metode ASI eksklusif. 

pemberian ASI secara eksklusif adalah bayi hanya diberi ASI saja, tanpa tambahan cairan lain seperti susu formula, jeruk, madu, air the, air putih, dan tanpa tambahan makanan padat seperti pisang, papaya, bubur susu, biscuit, bubur nasi, dan tim.

ASI Eksklusif baiknya diberikan kepada anak selama 6 bulan, lalu diselingkan dengan Makanan Pengganti Air Susu Ibu atau MPASI. Namun ada juga beberapa ibu yang memberikan ASI eksklusif selama satu atau dua tahun penuh.

Mungkin enggak semua Ibu bisa menerapkan ASI eksklusif karena kesibukan yang enggak memungkinkan melakukan hal tersebut. Bagi Moms yang memberikan anak ASI dan makanan lain kepada bayi, alangkah lebih baiknya untuk memperhatikan makanan apa saja yang bisa diberikan kepada si kecil.

Pinkan Margaretha, M.Psi. menyarankan beberapa bahan yang baik untuk menjaga nutrisi anak dengan beberapa bahan ini ke dalam bubur yang akan diberikan untuk bayi sebagai MPASI.

Makanan-makanan berat seperti daging dan ikan bisa dimasukkan ke dalam bubur. Jangan lupa juga dengan sayur yang kemudian diblender menjadi satu.

Tujuan memberikan MPASI dengan berbagai varian makanan ini adalah untuk meningkatkan kepekaan dalam indra pengecap di lidah anak. Anak akan terbiasa dengan banyak rasa karena sudah dikenalkan sejak awal berbagai rasa makanan yang sehat.

Baca Juga: Ini 10 Istilah MPASI yang Haru Moms Kenali Agar Gak Bingung!

Meski lidah anak harus dikenalkan dengan banyak rasa, Moms juga harus menghindari garam agar indra perasa anak terhadap rasa asin dari garam enggak begitu kuat.