Ketika sedang mengandung buah hati, tak jarang para ibu hamil akan mengalami keluarnya flek dari vagina. Hal itu tak boleh diabaikan begitu saja dan harus segera dikonsultasikan dengan dokter kandungan. Karena perlu diketahui, meskipun bisa jadi bukan tanda yang berbahaya, timbulnya flek di tengah masa kehamilan juga dapat menjadi tanda bahwa ada yang nggak beres dengan kandungan kamu. 

Agar kamu lebih waspada dan tak mengabaikannya begitu saja, berikut ini HerStory teah merangkum beberapa hal yang menjadi penyebab timbulnya flek di tengah masa kehamilan. Simak informasinya dengan baik ya moms! 

Perubahan sel serviks

Selama masa kehamilan tentunya hormon di dalam tubuh akan mengalami banyak perubahan, hal itu juga dapat memicu terjadinya perubahan sel serviks menjadi lebih sensitif. Berhubungan seksual atau melakukan aktivitas berat dapat membuat serviks menjadi iritasi dan menimbulkan sedikit flek. Pada umumnya kondisi ini tak membahayakan, namun kamu harus lebih waspada dan berhati-hati ya moms. 

Mendekati waktu kelahiran

Jika flek timbul pada trimester ketiga, hal itu bisa menjadi tanda bahwa hari kelahiran si kecil sudah semakin dekat. Saat menuju waktu persalinan, serviks dan lendir yang ada di dalamnya akan berubah menjadi lebih lembut dan keluar melalui vagina sebagai flek. 

Baca Juga: Menilik Prosedur, Pelayanan, dan Tingkat Keberhasilan Program Bayi Tabung di RS Pondok Indah IVF Centre