Salah satu gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah anyang-anyangan. Apa bila kamu sering mengalami gejala ini, bisa jadi kamu menderita ISK.

Anyang-anyangan memang terlihat sepele dan bisa diatasi dengan banyak minum atau melakuan gerekan kaki di atas. Bila dibiarkan hal ini bisa menganggu aktivitasmu loh.

Infeksi saluran kemih merupakan kondisi dimana terjadinya infeksi pada organ yang termasuk di dalam sistem kemih, yaitu ureter, ginjal, kandung kemih, dan juga uretra. Umumnya, infeksi tersebut menyerang dua area yaitu uretra dan juga kandung kemih.

Penyakit bisa terjadi kepada siapa saja, baik pria maupun wanita. Biasanya, jika wanita gak menyeka area kemaluannya dari arah depan ke belakang setelah buang air kecil, maka bisa berisiko terserang penyakit ini.

Akibatnya, bakteri dari usus besar seperti E coli dapat berpindah dari anus ke uretra. Selanjutnya, bakteri akan berjalan hingga ke kandung kemih. Hal ini lah yang memicu munculnya gejala ISK.

Gejala ISK memang gak selalu hadir pada penderitanya. Oleh karena itu kamu harus lebih peka dan mengenali diri sendiri dan apa yang sedang kamu rasakan.

Dilansir dari berbagai sumber (16/02/2021), selain anyang-anyangan berikut gejela ISK yang harus kamu ketahui:

Baca Juga: Moms Sering Merasa Ingin Pipis saat Berhubungan? Awas 4 Kondisi Ini!