Menu

Gimana Sih Cara Atasi GERD pada Ibu Hamil? Begini Cara Tepat Mengatasinya Menurut Dokter Ahli Moms...

31 Juli 2023 09:40 WIB
Gimana Sih Cara Atasi GERD pada Ibu Hamil? Begini Cara Tepat Mengatasinya Menurut Dokter Ahli Moms...

Illustrasi Ibu Hamil Akan Melahirkan (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, perubahan hormon saat ibu sedang mengalami kehamilan adalah hal yang umum terjadi. Perubahan hormon ini berdampak pada ibu yang mengalami gangguan seperti pusing, mual, mudah lelah, bahkan gangguan pada lambung.

Gangguan pada lambung seperti GERD ini umumnya terjadi pada trimester pertama, tetapi ada juga yang bergejala sampai akhir kehamilan. Sedangkan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) bisa terjadi karena asam lambung naik ke arah kerongkongan.

Peningkatan kadar hormon selama kehamilan akan membuat pergerakan otot saluran cerna melambat sehingga makanan dan asam lambung lebih lama dicerna. Hal ini meningkatkan kemungkinan refluks asam.

Selain itu rahim yang semakin membesar akan memenuhi rongga perut dan mendesak organ perut lainnya sehingga tekanan yang timbul dapat memperburuk gejala GERD. Masalah kesehatan ini nantinya akan mereda setelah bayi lahir, namun apabila sebelum hamil sudah bergejala, disarankan untuk melakukan pemeriksaan sejak dini.

"GERD mungkin membuat ibu gak nyaman, tapi jangan khawatir karena GERD gak akan mempengaruhi tumbuh kembang janin," jelas dr. Finna Hardjono, Sp.OG Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Eka Hospital Bekasi dalam keterangan resminya, Minggu (30/7/2023).

Namun jika Moms sudah bergejala dan tak segera ditangani, kemungkinan bisa mengalami masalah yang serius seperti:

1. Peradangan jaringan di kerongkongan (esofagitis)

Asam lambung yang naik ke kerongkongan terus menerus dapat melukai jaringan, ini mengakibatkan peradangan, pendarahan dan terkadang luka terbuka. Dampaknya akan menyebabkan rasa sakit serta sulit untuk menelan.

Baca Juga: Tiati Beauty, Ini Deretan Faktor yang Bisa Menyebabkan GERD, Salah Satunya Anxiety!

Baca Juga: Tiati yang Suka Nyeri Perut Setelah Makan, Bisa Jadi Tanda GERD Beauty, Yuk Simak Cara Mengatasinya

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Nailul Iffah

Artikel Pilihan