Moms, apakah kamu pernah merasakan nyeri pada payudara? Tak sedikit wanita yang pernah merasakan nyeri pada area payudaranya. Ketika rasa nyeri tersebut sudah muncul, tentu saja akan menimbulkan rasa yang tak nyaman bahkan bisa mengganggu aktivitas dan merusak mood

Pada umumnya rasa nyeri akan dirasakan ketika periode menstruasi akan datang. Namun tak hanya karena itu saja, ada beberapa penyebab lainnya yang bisa menjadi penyebab payudara terasa nyeri. Kira-kira apa saja ya penyebabnya? Untuk mengetahuinya, yuk simak informasi berikut ini! 

Mastitis 

Para ibu yang memberikan ASI ekslusif mungkin sudah tak asing lagi dengan istilah mastitis. Mastitis merupakan radang pada salah satu segmen payudara yang mungkin saja disertai dengan infeksi. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa nyeri yang sangat hebat terutama ketika menyusui si kecil.

Costochondritis

Costochondritis atau biasa dikenal dengan istilah costosternal syndrome merupakan kondisi pembengkakan pada tulang rawan yang menghubungkan tulang iga dengan tulang dada. Rasa nyeri tersebut dapat dirasakan hingga ke area payudara, gangguan ini bisa saja terjadi karena cedera ketika berolahraga. 

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa ASI Bisa Keluar Padahal Belum Pernah Hamil