Melewati masa kehamilan dan persalinan tentu bukan hal yang mudah bagi para wanita. Pasalnya para ibu harus menjaga kondisi tubuh agar selalu sehat dan memastikan dirinya dan janin yang berada di dalam kandungan mendapat nutrisi yang cukup. 

Namun tak dapat dipungkiri, bahwa akan ada saja kondisi tertentu yang bisa meningkatkan risiko kehamilan. Kehamilan dengan risiko tinggi merupakan kondisi yang dapat mengancam kesehatan dan keselamatan ibu serta janin yang berada di dalam kandungan. 

Kehamilan berisiko tinggi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah gangguan kesehatan yang telah dimiliki oleh sang ibu sebelum dirinya hamil. Untuk mengetahui gangguan kesehatan apa saja yang dapat meningkatkan risiko kehamilan, yuk simak pamaparan berikut ini! 

Gangguan darah 

Moms, jika kamu memiliki gangguan darah seperti penyakit thalassemia, hal itu dapat mengancam kesehatan kamu dan janin. Selain itu, bayi pun memiliki risiko mengidap penyakit yang sama dengan sang ibu. 

Depresi 

Perlu diketahui bahwa gangguan kesehatan mental seperti depresi dapat mempengaruhi kondisi kehamilan. Sebaiknya, lakukan konsultasi dengan dokter jika kamu mengandung dalam kondisi mengalami depresi.

Baca Juga: Bumil Harus Waspada, Ini Penyebab Janin di Dalam Kandungan Tak Berkembang