Menu

Canggung Ketika Bertemu Dengan Orang Asing? Lakukan 7 Trik Ini untuk Memulai Percakapan

12 Januari 2020 15:30 WIB
Canggung Ketika Bertemu Dengan Orang Asing? Lakukan 7 Trik Ini untuk Memulai Percakapan

Tiga orang wanita sedang asik mengobrol. (Unsplash/Priscilla Du Preez)

HerStory, Jakarta —

Di tempat umum, kita sering bertemu dengan orang asing. Rasa takut muncul ketika ingin memulai percakapan, takut dianggap sok akrab hingga orang yang tidak sopan. Jika ingin terhindar dari rasa canggung itu, ikuti 7 trik pertanyaan mudah dan cara memulai percakapan yang baik berikut ini

1. Diskusi Tentang Lingkungan Sekitar

Ini adalah salah satu teknik yang berguna di berbagai keperluan. Cukup gunakan bahasan mengenai kamu berada dan beberapa petunjuk visual dasar tentang orang ini sebelum memulai percakapan. Bahas esuatu yang mungkin dipegang orang itu, seperti buku yang sedang ia baca. Gunakan itu sebagai topik untuk memulai percakapan.

Misalnya: "Hei! Itu buku yang bagus, Sudahkah kamu membaca XYZ oleh penulis yang sama? "Atau" Saya suka kentang goreng yang disajikan di restoran ini. Mereka yang terbaik! "

2. Buat Lawan Bicaramu Nyaman

Ekspresikan minat ketika mendengar lawan bicaramu bercerita. Hal ini berguna untuk memulai percakapan dan membantu mereka merasa nyaman. Ketika merasa nyaman mereka enggak akan canggung untuk membahas kota asal, keluarga, dan lain-lain. Ajukan pertanyaan ini sebagai awalan yang bagus dan enggak terlalu bersifat pribadi. Pertanyaan umum tentang topik aman dan sopan.

Baca Juga: Catat! 8 Cara Ini Ampuh Buat Pria Jatuh Cinta Denganmu

3. Ajukan Pertanyaan Pribadi Secara Perlahan

Cuaca selalu menjadi topik yang aman dan sering dianggap sebagai obrolan ringan. Obrolan ringan merupakan cara yang tepat untuk menjadi awal bahasan ketika bertemu orang asing. Ketika ingin menanyakan hal yang lebih pribadi, jaga percakapan agar tetap ringan dan sederhana. Pertanyaan terbuka sangat bagus untuk mendapat tanggapan dari orang lain.

4. Membicarakan Hal Kecil

Hal-hal kecil mungkin dilupakan, namun bisa membuat perbedaan yang besar. Menanyakan pada lawan bicara tentang hal-hal yang sering terlupakan dan membuat rasa perasaan adalah salah satu cara untuk menarik perhatian lawan bicara.

Contoh pertanyaan: Apa hal terbaik yang terjadi padamu hari ini?
Pertanyaan ini mengungkapkan minat yang tulus pada kehidupan orang lain.

5. Gunakan Humor

Humor adalah sesuatu yang biasa diabaikan padahal ini merupakan hal yang penting. Humor dapat menghubungkan orang. Jika kamu memiliki selera humor yang baik, gunakan itu dengan mengatakan sesuatu yang lucu. Berhati-hatilah agar tidak mengatakan sesuatu yang kasar atau sesuatu yang mungkin disalahartikan.

Baca Juga: Masih Jomblo? Ikuti 8 Cara Ini Untuk Mengambil Hati Pria

6. Bicarakan Acara atau Budaya Terkini

Tanyakan tentang sesuatu yang baru-baru ini menjadi viral seperti lagu, film, atau makanan. Lebih baik kamu menghindari pertanyaan tentang politik. Semua orang membangun koneksi ke hal-hal yang terjadi di dunia di sekitar mereka seperti kejadian viral baru-baru ini atau sesuatu hal yang layak diberitakan.

7. Minta Bantuan

Tidak banyak orang yang berhasil mengenai hal sederhana ini. Meminta bantuan lawan bicara membuat mereka tahu bahwa mereka dalam posisi dominan dan merasa diperlukan.
Misalnya, "Bolehkah saya meminjamkan pena Anda saat ini?"


Itu dia 7 trik untuk memulai percakapan dengan orang asing. Gimana Beauty, udah nggak canggung lagi kan?

Baca Juga: Tetap Fresh dan Awet Selama Musim Hujan, Simak Yuk Moms Cara Jaga Kualitas Stok Makanan Agar Tahan Lama!

Baca Juga: Catat Moms! Begini Cara Pilih Buah Alpukat yang Sudah Pasti Matang dan Manis! Nomor 5 Kuncinya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana