Masih ingat KTP Ariel Tatum yang sempat viral karena potretnya yang seperti habis menjalani photoshoot majalah ternama? Beberapa waktu lalu, aktris berusia 24 tahun tersebut mengunggah foto KTPnya yang terdapat goresan dekat di pipinya dan netizen langsung salah fokus dengan kecantikan Ariel Tatum.

Netizen membandingkan foto Ariel Tatum dengan foto mereka yang dirasanya kurang bagus dan menyesali potretnya sendiri di dalam kartu identitas tersebut.

Seperti yang diketahui, KTP elektronik yang digunakan saat ini berlaku seumur hidup tanpa perlu diperpanjang, kecuali jika adanya pergantian data diri di dalamnya seperti status pernikahan atau alamat.

Enggak sedikit orang yang protes saat tahu foto di KTP mereka yang akan digunakan seumur hidup ternyata enggak sesuai dengan ekspetasi sebelumnya. 

Tapi ternyata foto di KTP elektronik bisa diganti dengan beberapa ketentuan yang berlaku. Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) baru saja memberikan informasi angin segar tentang bagaimana cara mengganti foto di KTP elektornik, tentunya dengan beberapa syarat.

Adapun syarat dan ketentuannya adalah sebagai berikut: 

1. Foto KTP-el boleh diganti bila pemilik identitas yang dulu tidak berjilbab, sekarang sudah berjilbab.

2. Foto boleh diganti sekalian mengganti KTP-el yang rusak, atau terkelupas, atau fotonya sudah buram.

3. Membawa KTP elektronik yang lama dan fotokopi kartu keluarga ke Dinas Dukcapil.

Baca Juga: Wanita Ini Pamer Foto KTP Kelewat Sempurna, Cantiknya Bikin Warganet Meronta-Ronta

"Anda boleh sekaligus mengganti foto dengan cara membuat foto baru di Dinas Dukcapil (setempat)," ujar Zudan selaku perwakilan dari Ditjen Dukcapil Kemendagri.