Tepat di hari ini, 17 Februari, dr. Marie Thomas berulang tahun. Sebagai dokter wanita pertama di Indonesia, Google menjadikan Marie Thomas sebagai ikon halaman utama pencarian Google, Google Doodle.

Marie Thomas adalah wanita pertama yang menjadi dokter di Indonesia setelah menyelesaikan pendidikan di sekolah kedokteran, School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA) pada tahun 1922. Ia lahir di Likupang pada 17 Februari 1896 dan meninggal di Bukittinggi pada 10 Oktober 1966.

Sulit bagi seorang wanita dapat bersekolah di STOVIA. Awalnya sekolah tersebut enggak membuka peluang wanita sebagai murid di sana. Kebijakan tersebut berubah setelah adanya usaha besar dari Aletta Jacobs, dokter wanita pertama di Belanda.

Setelah lulus dari STOVIA, Marie Thomas berhasil mendapatkan gelarnya serta menjadi spesialis bidang obsterti dan ginekologi, ia pun memulai praktiknya di rumah sakit utama di Batavia di masa itu, Centrale Burgerlijke Ziekeninrichting, atau yang sekarang dikenal dengan Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Selain menjadi dokter wanita pertama, Marie juga menjadi dokter di Indonesia pertama yang menggunakan alat pengatur kelahiran (kontrasepsi).

Pada tahun 1950, ia mendirikan sekolah kebidanan di Bukittinggi, yang merupakan yang pertama di Sumatra dan yang kedua di Indonesia.

Jasa Marie Thomas sangat banyak dalam membangun Indonesia dari segi kedokteran dan pendidikan. Selamat ulang tahun dr. Marie Thomas.