Menerapkan pola hidup sehat kepada anak harus diajarkan sejak dini. Mungkin berat bagi Moms untuk menerapkan pola hidup sehat bagi diri sendiri. Tapi jangan salah, dalam menerapkan hal baik ini bisa dilakukan bersama anak dengan beberapa tips yang Her Story sudah rangkum dari Tanam Benih Foundation di bawah ini.

Untuk mempunyai pola hidup yang sehat, keluargamu harus mempunyai jadwal yang rutin. Rutinitas ini bisa diatur untuk hari-hari kerja (weekdays) maupun di hari libur (weekend).

1. Atur waktu bangun tidur

Pola hidup sehat dapat dimulai dari saat bangun tidur. Moms bisa menerapkan waktu bangun tidur anak di pagi hari dengan jadwal yang teratur. 

Misalnya, pasang alarm di jam 6 dan buat anak terbiasa bangun tepat di jam yang sudah diatur. Setelah bangun, biasakan anak untuk mengerjakan sesuatu dan enggak hanya bermalas-malasan yang menyebabkan rasa mengantuk timbul kembali.

2. Biasakan adanya aktivitas fisik sepulang sekolah

Terapkan aktivitas fisik pada anak yang dapat mengasah otaknya dan yang pasti enggak membosankan. Bisa dengan melakukan hobi atau permainan juga tugas rumah yang membuatnya bergerak untuk sehat.

"Anak yang memiliki aktivitas fisik, otomatis otak pun juga melepaskan chemical-chemical yang membantu dirinya untuk lebih fokus," kata Rafika Ariani, M. Psi dikutip dari kanal YouTube Tanam Benih Foundation.

3. Atur pola tidur tepat waktu

"Dan juga yang paling penting adalah, dia tidur tepat waktu," ujar Rafika.

Anak-anak pada umumnya harus memiliki waktu tidur di kisaran 9-10 jam. Jika anak memiliki waktu tidur yang kurang menentu, maka mereka akan susah untuk menerapkan hidup sehat.

Baca Juga: Begini Cara Memuji Anak agar Mereka Terus Termotivasi

Lama kelamaan, anak akan susah menetapkan jam tidur dan bisa tidur semakin malam. Efek dari tidur terlalu larut ini akan berdampak pada ke esokan paginya ketika anak bangun. Anak bisa bangun lebih siang atau memaksa bangun pagi dengan jam tidur yang kurang. Tentu saja hal tersebut enggak sehat, Moms!