Selain kanker, penyakit dan serangan jantung menjadi momok kesehatan yang menyeramkan bagi siapa saja. Namun tak jarang banyak orang kurang waspada akan penyakit mematikan yang sering disebut sebagai silent killer ini. Hal ini dikarenakan kurangnya informasi terkait penyakit jantung tersebut.

Secara umum, baik pria dan wanita sama-sama memiliki potensi yang tinggi untuk terkena penyakit ini. Namun dijelaskan lagi ternyata wanita lebih memiliki potensi yang tinggi untuk terkena penyakit ini dibandingkan pria dan sayangnya wanita tidak terlalu peka dengan gejalanya. Dilansir dari berbagai sumber, (17/02/2021) berikut adalah gejala penyakit jantung secara umum.

Nyeri di dada

Rasa nyeri ini disebabkan penyumbatan pada pembuluh darah yang mengakibatkan oksigen dan aliran darah mengalir tak lancar yang kemudian memunculkan rasa sesak yang seperti ditusuk-tusuk atau diremas.

Sesak napas

Pada umumnya, beberapa minggu sebelum seseorang terkena serangan, maka dia akan mengalami sesak napas. Hal ini terjadi karena masuknya cairan ke rongga udara di paru-paru.

Baca Juga: Penelitian: Minum Kopi Bisa Turunkan Risiko Gagal Jantung, Stroke hingga Penyakit Jantung Koroner