Menu

Jangan Dianggap Sepele! Ini 7 Penyebab Berat Badan Turun Drastis Padahal Gak Lagi Diet, Bisa Jadi Tanda Penyakit Kronis

08 Agustus 2023 22:00 WIB
Jangan Dianggap Sepele! Ini 7 Penyebab Berat Badan Turun Drastis Padahal Gak Lagi Diet, Bisa Jadi Tanda Penyakit Kronis

Menimbang berat badan menggunakan timbangan digital. (Unsplash/I Yunmai)

HerStory, Jakarta —

Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, tentu tak jarang di antaramu melakukan diet bukan? Tapi Beauty pernah enggak sih, kehilangan banyak bobot tubuh padahal enggak lagi melakukan diet?

Berat badan yang turun drastis padahal enggak sedang melakukan diet ataupun olahraga, bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan. 

Dinukil dari laman Healthline, penurunan berat badan bsa berlangsung secara enggak normal. Kehilangan 5 persen lebih dari berat badan awal selama kurun waktu 6-12 bulan merupakan tanda dari adanya gangguan kesehatan.

Berikut HerStory rangkum dari berbagai sumber, Selasa (8/8/2023), ini dia tujuh kemungkinan penyebab berat badan tubuh drastis padahal sedang tak lagi diet.

1. Diabetes

Diabetes tipe 1 bsa menjadi salah satu penyebab penurunan berat badan meski sedang tak lagi diet. Dalam kasus ini, sistem kekebalan tubuh akan menyerang sel di pankreas yang merupakan tempat membuat insulin. Tanpa insulin, tubuh enggak dapat menggunakan glukosa untuk menghasilkan energi sehingga kadarnya di dalam darah menjadi tinggi.

Setelah itu, ginjal akan 'menghapus' glukosa yang enggak terpakai melalui urine. Gula yang keluar dari urine ini akan berperann dalam penghilangan kalori dalam tubuh. Hal itulah yang membuat berat badan menjadi turun drastis.

2. Depresi

Depresi bisa memengaruhi bagian otak yang berfungsi dalam mengendalikan nafsu makan. Karena itu, depresi bisa membuat nafsu makan berkurang sehingga berat badan juga dapat menurun.

Baca Juga: Gak Bahayakan Tubuh, Ini Lho 4 Tips Sehat Bikin Berat Badan Turun 5kg Selama Sebulan, Nomor 1 Penting Banget!

Baca Juga: Sepele tapi Mematikan, Ini Tanda Aneh yang Bisa Jadi Gejala Penyakit Tanpa Kamu Sadari, Salah Satunya Goresan Putih di Kuku!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan