Belum lama ini publik baru saja dikabarkan bahwa pemerhati anak Seto Mulyadi atau yang biasa dikenal dengan panggilan Kak Seto mengalami gangguan kesehatan kanker prostat. Beliau telah menjalani biopsi guna mengatasi sel kanker yang menyebar pada tubuhnya. 

Sama dengan berbagai jenis kanker lainnya, kanker prostat ini merupakan kondisi serius yang harus segera ditangani dan tak boleh diabaikan begitu saja. Karena faktanya, di Indonesia kanker prostat menempati urutan ke-4 dengan jumlah penderita sekitar 25.000 pria.

Perlu diketahui bahwa pada stadium awal, kanker prostat tak menunjukkan gejala apapun. Oleh sebab itu, banyak sekali penderitanya yang baru mengetahui ketika sudah memasuki stadium lanjut. Agar moms dan pasangan dapat lebih waspada, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan seseorang terkena kanker prostat. Untuk mengetahuinya, yuk simak informasi berikut ini! 

Usia 

Risiko terkena kanker prostat akan meningkat ketika seorang pria sudah memasuki usia lanjut. Umumnya kanker prostat akan terjadi setelah usia 50 tahun, namun tak menutup kemungkinan penyakit tersebut diderita oleh pria berusia muda.

Ras 

Untuk alasan yang belum ditentukan, orang kulit hitam memiliki risiko lebih besar terkena kanker prostat daripada orang dari ras lain. Pada orang kulit hitam, kanker prostat juga lebih cenderung menjadi agresif atau lebih cepat menjalar. 

Baca Juga: Mengatasi Masuk Angin Pada Anak dengan Kerokan, Aman atau Enggak Ya?