Moms, benar gak ya sering mengendong bayi ketika menangis dapat menyebabkan bau tangan? Ini mitos atau fakta ya?

Seperti yang dikatakan oleh dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya bahwa mengendong bayi menyebabkan anak menjadi bau tangan adalah mitos. ā€œPada intinya, yang namanya anak kecil kan memang ingin menempel terus terutama pada orang tua atau pengasuhnya, karena mencari keamanan dan kenyamanan dari orang yang dikenal,ā€ tambahnya.

Selain itu, penelitian juga menjelaskan bahwa anak yang sering berdekatan secara fisik dengan orang tuanya memiliki perkembangan otak dan tubuh yang lebih baik. Bayi yang sering digendong dan diajak ngobrol orang tuanya akan mengalami perkembangan bicara yang jauh lebih baik ketimbang bayi yang jarang di gendong.

Moms, ternyata ini mitos ya! Justru dengan menggendong bayi dapat memperat ikatan anatara Moms dengan si kecil loh. Hal inni merupakan langkah awal untuk menenangkannya ketika ia sedang merasa gak nyaman atau ada sesuatu yang menganggunya.

Gak hanya itu, menggendong bayi ketika menangis membuat bayi merasa nyaman karena bayi merasa selalu diperhatikan, berharga, dan merasa dibesarkan dnegan penuh kasih sayang dan cinta. Setuhan fisik pada bayi seperti menggendongnya juga dapat memeberikan stimulus yang baik bagi tumbuh kembang bayi dan tingkat kecerdasannya.

Dilansir dari berbabagai sumber (18/02/2021), mengenai cara menenangkan bayi ketika menangis:

Baca Juga: Bagaimana Cara Menegur Anak yang Suka Merusak Barang?