Moms, kadang kamu dan suami terpaksa menitipkan anak ke neneknya karena sibuknya pekerjaan atau rutinitas yang kalian lalui. Sebenarnya gak-apa tetapi kamu harus perhatikan beberapa hal ya!

Memutuskan untuk menitipkan anak pada neneknya bukanlah hal yang mudah bagi pasangan yang terpaksa sibuk bekerja. Banyak hal yang dikhawatirkan apalagi oleh seorang ibu. selain itu, ada rasa cemburu yang dirasakan ketika anak lebih dekat dengan neneknya daripada ibunya sendiri.

Selain itu, kamu juga khawatir dengan kesehatan orang tua kalau tiba-tiba anakmu terlalu aktif dan membuatnya merasa kecapekan. Memang banyak hal yang dipertimbangkan kalau menitipkan anak kepada neneknya.

Rutinitas yang sedang kamu lakukan gak bisa memaksa kamu terus membagi waktu antara bekerja dan mengurus anak. Rasa kepercayaan kamu yang kurang terhadap orang asing pun membuat kamu lebih memilih menitpkannya kepada neneknya dibanding oleh pengasuh atau menitipkan anak di daycare.

Ada pun ungkapan dari Elly Risman Musa sebagai pakar parenting menyebutkan bahwa ada hal yang perlu diperhatikan ketika anak berada di bawah pengasuhan selain orang tua kandung. Ini lantaran anak-anak membutuhkan konsistensi perlakuan untuk membentuk tingkah laku mereka. Oleh karena itu harus ada batasan-batasan yang jelas untuk anak.

Dilansir dari berbagai sumber (18/02/2021), berikut hal-hal yang perlu diperhatikan ketika menitipkan anak pada neneknya:

Baca Juga: Bagaimana Cara Menegur Anak yang Suka Merusak Barang?