Menu

Bumil Wajib Tahu! Ini 5 Rekomendasi Makanan Penyitas Gerd saat Hamil, Gak Akan Ganggu Perkembangan Si Kecil Kok!

14 Agustus 2023 10:15 WIB
Bumil Wajib Tahu! Ini 5 Rekomendasi Makanan Penyitas Gerd saat Hamil, Gak Akan Ganggu Perkembangan Si Kecil Kok!

Illustrasi Ibu Hamil Akan Melahirkan (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) sudah menjadi salah satu penyakit yang kerap dialami masyarakat Indonesia bahkan tak terkecuali ibu hamil. Lalu, kira-kira ada gak sih penanganan atau makanan yang tepat untuk dikonsumsi para bumil untuk menangani penyakit ini?

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Eka Hospital Bekasi, dr. Finna Hardjono, Sp.OG mengatakan GERD saat hamil bisa dialami karena perubahan hormon yang juga bisa menyebabkan pusing, mual, dan mudah lelah. Khusus GERD pada ibu hamil terjadi pada trimester awal, tapi bisa juga terjadi hingga akhir kehamilan.

"GERD ini bisa terjadi karena asam lambung naik ke arah kerongkongan. Peningkatan kadar hormon selama kehamilan akan membuat pergerakan otot saluran cerna melambat sehingga makanan dan asam lambung lebih lama dicerna. Hal ini meningkatkan kemungkinan refluks asam," ujar dr. Finna dilansir dari sindikasi konten suara.com, Senin (14/8/2023)

Kondisi GERD juga bisa diperparah karena perut membesar dan menekan perut. Tapi kondisi ini umumnya akan mereda setelah bayi lahir, dan dr. Finna memastikan kondisi ini tak akan mempengaruhi perkembangan janin.

Berikut ini makanan untuk ibu hamil yang alami GERD, yangn direkomendasikan dr. Finna:

1. Jahe

Jahe yang bersifat anti inflamasi ini dapat mampu redakan gejala GERD serta mengatasi mual di saat pagi hari.

2. Buah Pisang

Konsumsi buah pisang sebagai sarapan atau selingan sebelum makan berat, ini dilakukan karena pisang merupakan sumber potasium yang dinilai dapat menetralisir kadar asam lambung.

3. Sayuran Daun Hijau

Saat trimester ke-2 dan ke-3, mual saat pagi hari umumnya sudah mereda, namun nafsu makan akan meningkat, ibu disarankan untuk banyak konsumsi sayuran daun hijau ya Moms.

"Sayuran ini banyak nutrisi serat dan bersifat basa yang tidak menyebabkan GERD, sayuran daun hijau ini seperti kangkung, bayam atau seledri," jelas dr. Finna.

Baca Juga: Mual Muntah di Awal Kehamilan? Ini Tips Atur Pola Makan pada Ibu Hamil agar Tetap Mendapatkan Nutrisi

Baca Juga: Tiati Beauty, Ini Deretan Faktor yang Bisa Menyebabkan GERD, Salah Satunya Anxiety!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan