Setiap orang tua pastinya mengharapkan dapat melewati masa kehamilan dengan lancar tanpa kendala apa pun. Namun sayangnya, tak sedikit ibu hamil yang mengalami masalah pada kandungannya, seperti kondisi janin yang tak berkembang dan menyebabkan keguguran. 

Melansir dari berbagai sumber (18/02/2021), ada berbagai hal yang dapat menyebabkan bayi di dalam kandungan tak berkembang dan sang ibu mengalami keguguran. Agar kamu dapat lebih waspada, berikut ini HerStory telah merangkum hal-hal apa saja yang menjadi pemicu permasalahan tersebut. Simak informasinya dengan baik ya moms! 

Kerusakan kromosom 

Kelainan atau kerusakan kromosom dapat menjadi salah satu penyebab janin di dalam kandungan tak berkembang dan memicu terjadinya keguguran. Jenis kelainan kromosom yang paling sering menjadi penyebab janin tak berkembang adalah trisomi. Sedikitnya 30 persen janin yang mengalami trisomi berakhir dengan keguguran. 

Faktor genetik 

Moms, apakah bagian keluargamu ada yang pernah mengalami hal serupa? Jika iya, maka besar kemungkinan hal tersebut menjadi penyebab janin di dalam kandunganmu tak berkembang. Kondisi kelainan genetik dapat dipengaruhi oleh pembelahan sel yang tak normal, seperti gangguan gen tunggal, pernikahan sedarah, serta kerusakan DNA pada sperma. 

Baca Juga: Menilik Prosedur, Pelayanan, dan Tingkat Keberhasilan Program Bayi Tabung di RS Pondok Indah IVF Centre