Tak sedikit para wanita yang memiliki gangguan pada organ reproduksi, hal tersebut tentu saja banyak membuat para wanita merasa khawatir akan kesehatan dan kesuburannya. Salah satu gangguan reproduksi yang banyak dialami adalah kista ovarium. 

Kista ovarium merupakan tumor jinak yang mengalami pembesaran pada bagian ovarium atau indung telur dan biasanya benjolan tersebut akan berisi cairan. Ovarium menjadi salah satu organ terpenting dalam sistem reproduksi wanita. Hal itu karena organ tersebut memiliki fungsi untuk menghasilkan sel telur serta memproduksi hormon esterogen dan progesteron. 

Meskipun kista ovarium merupakan permasalahan umum dan banyak penderitanya yang tak merasakan keluhan, tetap saja akan ada beberapa gejala khas yang harus moms waspadai. Untuk mengetahuinya, yuk simak informasi berikut ini! 

Nyeri saat berhubungan intim 

Apakah kamu kerap merasakan nyeri ketika sedang berhubungan intim? Jika iya, kamu harus waspada ya moms. Rasa nyeri saat berhubungan intim atau bisa juga disebut sebagai dyspareunia dapat menjadi tanda bahwa kamu memiliki kista pada bagian ovarium. Jika kamu terus merasakan nyeri hingga selesai berhubungan intim, jangan anggap sepele dan segera lakukan konsultasi dengan ahlinya. 

Frekuensi buang air kecil meningkat 

Ukuran kista yang membesar dapat menekan posisi kandung kemih sehingga frekuensi buang air kecil apat meningkat dan kamu akan merasakan sensasi seperti ingin buang air kecil secara terus-menerus. 

Baca Juga: Bahaya! Wanita Obesitas Lebih Mudah Terserang Risiko Masalah Reproduksi Ini!