Masuk angin adalah salah satu penyakit yang kerap dialami oleh masyarakat Indonesia. Biasanya kondisi tersebut akan ditandai dengan tak enak badan, perut kembung, dan juga sedikit demam. Tak hanya pada orang dewasa, anak-anak pun kerap mengalami hal tersebut. 

Pada orang dewasa biasanya mereka akan mengatasi masuk anagin dengan cara kerokan atau mengerik bagian punggung yang sudah dibaluri minyak urut dengan koin. Lalu bagaimana untuk mengatasi masuk angin pada anak? Apakah mereka boleh melakukan hal yang sama? 

Melansir dari berbagai sumber (19/02/2021), untuk mengatasi masuk angin pada anak, moms tentu saja boleh mengeroknya. Salah satu guru besar dari Universitas Sebelas Maret, Surakarta mengungkapkan bahwa tindakan tersebut aman untuk diakukan namun sangat tak dianjurkan untuk menggunakan koin. Moms bisa menggantinya dengan menggunakan bawang merah yang telah dipotong kecil-kecil. 

Bawang merah memiliki kandungan flavonglikosida yang dapat berfungsi sebagi antiradang, antibakteri, serta dapat menurunkan panas pada tubuh. Selain itu, kerokan juga dipercaya dapat bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah pada tubuh serta membantu mengeluarkan hormon endorfin. 

Baca Juga: Tak Hanya Mengganggu Kesehatan Mata, Ini Dampak Buruk Lainnya Terlalu Lama Berada di Depan Laptop

Namun ada beberapa hal yang perlu moms perhatikan saat memutuskan untuk mengerok si kecil. Pastikan kamu tak mengeroknya terlalu keras dan terlalu lama ya, hal tersebut untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit anak yang masih sensitif. Setelah itu, jangan lupa untuk memberikan pijatan lembut agar si kecil dapat merasa lebih rileks dan lebih baik.