Menu

Diabetisi, Catat Nih Waktu yang Tepat Untuk Olahraga agar Efektif Turunkan Gula Darah!

18 Agustus 2023 12:25 WIB
Diabetisi, Catat Nih Waktu yang Tepat Untuk Olahraga agar Efektif Turunkan Gula Darah!

Ilustrasi penderita diabetes. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, olahraga adalah aktivitas fisik yang wajib dilakukan bagi para penderita diabetes. Karena dengan olahraga dapat membantu mengontrol dan menurunkan gula darah.

Saat kamu aktif secara fisik, sel-sel tubuh akan menjadi lebih sensitif terhadap insulin. Itu berarti, sel dapat mengangkut glukosa untuk menjadikannya sebagai sumber energi.

Olahraga juga bermanfaat dalam menurunkan berat badan yang berguna menunjang kerja insulin, menurunkan kadar gula darah, serta mencegah masalah kronis lainnya.

Nah, untuk mengetahui kapan waktu terbaik untuk berolahraga serta jenis latihan yang bermanfaat dalam menurunkan gula darah, simak penjelasan berikut.

Kapan waktu terbaik untuk berolahraga agar gula darah cepat turun?

Beberapa orang mungkin tidak terlalu mempertimbangkan waktu untuk berolahraga. Padahal, waktu olahraga sangat berpengaruh dalam menurunkan gula darah.

Dilansir dari GoForward, aktivitas fisik seperti olahraga menurunkan gula darah sewaktu dan memiliki efek positif pada sensitivitas insulin selama sekitar 24 jam setelahnya.

Jadi, berolahraga 30 menit setelah makan dapat menurunkan glukosa yang meningkat setelah kamu mengonsumsi makanan.

Pada orang sehat atau tanpa diabetes, kadar glukosa normal dua jam setelah makan adalah 140 mg/dl atau lebih rendah.

Sementara itu, untuk penderita diabetes, kadar glukosa sebaiknya di bawah 160 mg/dl, dua jam setelah makan. Usahakan berolahraga atau melakukan aktivitas fisik 30 menit setelah makan agar gula darah cepat turun.

Kamu mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui waktu terbaik untuk berolahraga berdasarkan kondisi tubuh.

Jenis olahraga untuk mengatasi lonjakan gula darah

Olahraga apa pun yang kamu lakoni dapat membantu mengatasi gula darah tinggi. Namun, ada 2 jenis olahraga yang secara optimal efektif dalam menurunkan gula darah, bahkan pada penderita diabetes.

Dua jenis workout tersebut adalah olahraga kardio dan latihan beban. Berikut penjelasannya.

  • Latihan kardio atau sering juga disebut sebagai aerobik mampu meningkatkan detak jantung, laju pernapasan, aliran darah, dan kadar oksigen di dalam darah.
  • Latihan kardiovaskular melibatkan seluruh kelompok otot besar dalam jangka waktu yang berkelanjutan.

Contoh latihan kardiovaskular untuk menurunkan gula darah yaitu, jalan cepat, jogging, berenang, bersepeda, dan zumba.

penjelasan tentang olahraga yang cocok untuk penderita diabetes ada di halaman berikut!

Baca Juga: Gak Ribet, Ini 5 Rekomendasi Olahraga untuk Penderita Diabetes, Nomor 2 Kesukaan Kesukaan Banyak Orang Nih!

Baca Juga: Jangan Malas! Ini 5 Olahraga untuk Penderita Diabetes, Nomor 2 Paling Mudah Nih

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: