Memuji adalah ungkapan yang ditujukan kepada seseorang karena keberhasilan mereka dalam melakukan suatu hal. Memuji penting adanya dalam keluarga. Untuk mendidik anak secara baik, Moms juga harus menyelipkan pujian-pujian kepada anak dengan berbagai cara.

Pemberian pujian juga berguna untuk meningkatkan rasa percaya diri anak hingga mereka nyaman untuk terus belajar dan berprestasi, lho, Moms.

Anak berusia 6-8 tahun sudah mulai bisa bersosialisasi dan bertemu dengan teman-temannya di sekolah. Untuk itu, cara memberikan pujian kepada anak di umur 6-8 tahun sudah berbeda dengan memberikan pujian kepada anak balita. 

Lie Wei Jen membagikan tips untuk memuji anak agar mereka terus termotivasi untuk selalu mengerjakan hal baik dan meraih prestasi. 

"Kalimat sudah tidak 'Mama senang lho, kamu menyanyi di depan kelas' bukan itu. Tapi kita akan bilang 'Wah, kamu pasti bangga ya ketika guru cuma pilih kamu untuk menulis'," kata Lie Wei Jen dikutip dari kanal YouTube Tanam Benih Foundation.

"Jadi kalimatnya adalah kamu (anak) yang senang, kamu bangga," lanjutnya.

Baca Juga: Jangan Terpancing Emosi, Begini Cara Menghadapi Si Kecil yang Suka Melawan Orang Tua

Kalimat pujian seperti contoh yang diberikan Lie Wei Jen akan berdampak kepada anak dengan menimbulkan rasa senang di hati mereka sendiri. Mereka bisa mengidentifikasi rasa senang, bangga, dan gembira saat mereka melakukan hal yang mereka suka. Hal tersebut dapat membangun keinginan anak untuk melakukan sesuatu yang lebih baik lagi ke depannya.