Menu

Jangan Anggap Sepele! 7 Kondisi Kuku yang Jarang Disadari Ini Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

21 Agustus 2023 15:00 WIB
Jangan Anggap Sepele! 7 Kondisi Kuku yang Jarang Disadari Ini Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Ilustrasi bercak putih pada kuku. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty tahu enggak sih, kuku bisa menjadi cerminan dari kesehatan tubuh. Kuku dengan kondisi tertentu rupanya bisa menjadi tanda masalah kesehatan dan mengungkap kondisi penyakit serius. Sebab itu, kamu pun enggak boleh anggap sepele bila menemukan hal janggal yang terjadi pada kuku jarimu.

Mungkin kamu sering menemukan bintik putih, semburat kemerahan, perubahan warna kuku, atau kuku yang tiba-tiba rapuh bukan? Hal tersebut memiliki artis tersendiri dari segi kesehatan.

Berikut HerStory rangkum dari berbagai sumber, Senin (21/8/2023), tujuh kondisi kuku yang bisa menjadi tanda penyakit serius.

1. Kuku kuning

Mungkin tak sedikit di antara Beauty yang pernah mengalami perubahan kondisi kuku menjadi berwarna kuning. 

Umumnya, kuku kuning bisa disebabkan oleh faktor penuaan dan penggunaan kuteks yang rutin. Selain itu, kebiasaan merokok juga meninggalkan noda kekuningan pada permukaan kuku jari.

Bila kondisi kuku tebal, rapuh, dan berwarna kekuningan, ini kemungkinan terkena infeksi jamur. Namun, dalam kondisi tertentu, kuku kuning juga bisa menjadi pertanda dari sejumlah penyakit serius.

Mulai dari diabetes, penyakit paru-pari, bronkitis kronis, sinusitis, psoriasi, dan penyakit tiroid.

2. Kuku pucat

Kuku yang sehat akan memiliki warna merah muda demgan warna sedikit gelap pada bagian tepinya. Kuku dan ujung jari berarna pucat menjadi ciri dari kuku yang enggak sehat.

Kondisi kuku yang pucat terjadi akibat kurangnya asupan darah ke ujung bagian tubuh, Salah satu penyebabnya adalah anemia, yakni kondisi kurangnya kadar protein sel darah merah pengangkut oksigen alias hemoglobim (Hb).

Bukan hanya itu, masalah jantung juga bisa menjadi penyebab kuku dan ujung hari yang pucat. Sebab, kondisi ini membuat jantung enggak sanggup memompa darah ke ujung jari dan kuku.

Baca Juga: Bukan Cuma Kulit, Ini Lho Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Kuku, Ternyata Bisa Cegah Datangnya Jamur!

Baca Juga: Bukan Cuma Kesehatan Kulit yang Harus Dijaga, Cusss Beauty Cari Tahu Jaga Kesehatan Kulit, Auto Berkilau dan Kuat!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan