Usia 20-30 tahun memang merupakan usia yang tepat buat kamu untuk mulai melek soal keuangan. Pada usia ini, kebanyakan dari kita sudah memiliki penghasilan tetap yang bisa diolah lebih lanjut.

Pada rentang waktu 10 tahun ini, kamu juga akan mengalami momen-momen penting yang tentunya memengaruhi kondisi finansialmu juga seperti mulai bekerja, mulai usaha, atau bahkan menikah.

Nah, karena itu, kita harus mempersiapkan pondasi keuangan yang kokoh. Pondasi ini tentunya bukan hanya tentang penghasilan tetapi juga tentang literasi dan perencanaan keuanganmu di masa mendatang.

Enggak harus mempunyai uang banyak untuk merencanakan keuangan, lho! Uang adalah tanggung jawab kita, mau minimalnya besar atau kecil.

Perencanaan keuangan ini bisa kamu lakukan sendiri atau berdua dengan pasangan jika sudah menikah dan membangun rumah tangga bersama. 

Karena usia enggak bisa terulang lagi, yuk, manfaatkan waktu sejenak untuk membahas prinsip perencanaan keuangan yang dilansir dari rekan sindikasi Herstory, Finansialku.com!

Baca Juga: Bingung Atur Keuangan karena Si Kecil Anak Berkebutuhan Khusus? Yuk, Cek Tipsnya!