Sudah bukan hal yang baru lagi jika melakukan aktivitas bercinta secara rutin dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan juga kesehatan mental. Tak hanya itu, rutin melakukan hubungan seksual pun diyakini dapat menambah kedekatan pasangan dan meningkatkan keharmonisan suatu hubungan. 

Namun tak dapat dipungkiri, bahwa ada lho sebagian pasangan yang jarang sekali berhubungan intim karena berbagai alasan. Hal itu tentu saja akan membuat mereka kehilangan banyak manfaat dari momen bercinta dan bahkan dapat menimbulkan berbagai dampak yang kurang baik. Kira-kira apa saja ya dampak negatifnya? Untuk mengetahuinya, yuk simak informasi berikut ini! 

Mempengaruhi kesehatan fisik 

Meskipun dampaknya tak dirasakan secara langsung, namun jarang melakukan hubungan intim diyakini dapat mempengaruhi kesehatan lho moms. Banyak penelitian menyebutkan bahwa aktivitas bercinta dapat meningkatkan fungsi imun tubuh, mengurangi tekanan darah rendah, mengurangi stres, serta menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, rutin bercinta dapat meningkatkan kekuatan otot dasar panggul pada wanita dan mengurangi risiko terkena kanker prostat pada pria. 

Mempengaruhi kesehatan mental 

Banyak yang mengatakan bahwa seseorang yang jarang melakukan hubungan intim akan mudah merasa stres dan juga mudah marah. Sebuah studi menyatakan bahwa berhubungan intim diketahui dapat mengurangi stres dan cemas berlebih. Hal itu karena munculnya hormon-hormon pasca seks yang dapat membantu memperbaiki mood. 

Baca Juga: Moms Harus Tahu, Ini Jenis Perselingkuhan yang Mungkin Saja Pasangan Kamu Lakukan