Menu

Asam Urat Sering Kambuh Ganggu Aktivitas Harian? Cuss Atasi dengan 3 Ramuan Herbal Ini Moms! Tokcer Deh..

24 Agustus 2023 11:20 WIB
Asam Urat Sering Kambuh Ganggu Aktivitas Harian? Cuss Atasi dengan 3 Ramuan Herbal Ini Moms! Tokcer Deh..

Es Timun Nata De Coco (XResep.co)

HerStory, Jakarta —

Beauty, asam urat jadi salah satu penyakit yang menjadi momok. Penyakit asam urat atau gout adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat.

Biasanya kondisi ini dapat terjadi pada sendi mana pun, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di jempol kaki penderitanya. Mengutip dari laman Kemenkes, penyakit asam urat dapat menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian.

Umumnya, penyakit asam urat lebih mudah menyerang pria, khususnya mereka yang berusia di atas 30 tahun. Pada wanita, penyakit asam urat ini dapat muncul setelah terkena menopause.

Rasa sakit yang dialami pengidap asam urat dapat berlangsung selama rentang waktu 3-10 hari, dengan perkembangan gejala yang begitu cepat dalam beberapa jam pertama. Ada beberapa gejala penyakit asam urat yang umum terjadi, di antaranya:

  • Sendi mendadak terasa sangat sakit.
  • Kesulitan untuk berjalan akibat sakit yang mengganggu, khususnya di malam hari.
  • Saat gejala mereda dan bengkak pun mengempis, kulit di sekitar sendi yang terkena akan tampak bersisik, terkelupas dan terasa gatal.
  • Meski gejala penyakit ini bisa mereda dengan sendirinya, harus tetap dilakukan pengobatan untuk mencegah risiko kambuh dengan tingkat gejala yang meningkat.

Untuk meredakan nyeri karena asam urat tak melulu minum obat kimia, Beuaty. Dirangkum HerStory, berikut beberapa minuman yang bisa membantu meredakan nyeri asam urat, antara lain:

1. Jus mentimun

Pada dasarnya, pola makan rendah purin dan minum banyak air dapat membantu merontokkan tumpukan asam urat yang mengkristal di persendian.

Mentimun merupakan salah satu jenis buah yang sangat rendah purin. Ketika dibuat minuman, khasiatnya cukup ampuh dalam mencegah dan mengatasi asam urat. Selain itu, mentimun juga mengandung kadar air yang tinggi.

Kandungan ini dapat membantu meluruhkan asam urat melalui urine yang terbuang. Mentimun merupakan salah satu jenis buah yang sangat rendah purin.

Ketika dibuat minuman, khasiatnya cukup ampuh dalam mencegah dan mengatasi asam urat. Selain itu, mentimun juga mengandung kadar air yang tinggi. Kandungan ini dapat membantu meluruhkan asam urat melalui urine yang terbuang.

Baca Juga: 8 Pantangan Makanan Sahur dan Berbuka bagi Penderita Asam Urat, Bukan Cuma Jeroan!

Baca Juga: Dokter Spesialis Penyakit Ungkap 4 Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat saat Puasa, Jangan Mengandung Purin!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Nailul Iffah

Artikel Pilihan