Moms, penting untuk merawat dan menjaga kesehatan gigi si kecil semenjak dini. Perlu diingat, menjaga kesehatan gigi dan mulut sama pentingnya dengan menjaga kesehatan anggota tubuh lainnya. Karena jika tak dirawat, gigi akan rusak dan dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. 

Perlu diketahui, bahwa merawat gigi si kecil harus dimulai sejak gigi belum tumbuh, caranya dengan memastikan area gusi dan mulut selalu dalam keadaan bersih. Tentunya moms harus terus melakukan itu sampai gigi si kecil tumbuh dengan sempurna. 

Melansir dari berbagai sumber (22/02/2021), berikut ini HerStory telah mempersiapkan bagaimana tips untuk merawat gigi pertama pada bayi. Simak informasinya dengan baik ya moms! 

Gigi belum tumbuh 

Ketika si kecil belum tumbuh gigi, moms tetap wajib untuk membersihkan area gusinya. Bersihkan area gusi dengan menggunakan kain kasa yang sudah dibasahi dengan air hangat. Pastikan kamu rutin melakukan hal tersebut setiap si kecil selesai makan, menyusu, dan sebelum tidur. 

Gigi hampir tumbuh 

Kondisi si kecil yang sedang tumbuh gigi tentu akan memberikan rasa yang tak nyaman, meskipun begitu moms tetap perlu untuk membersihkannya ya. Moms bisa menggunakan sikat gigi jari (finger toothbrush) atau menggunakan kain kasa yang telah dibasahi dengan air hangat. Pastikan kamu menggosoknya secara perlahan ya moms. 

Baca Juga: Permasalahan Gigi Anak yang Kerap Diabaikan Orang Tua, Jangan Diulangi Ya Moms!