Menu

Studi: Minum Kopi Bisa Cegah Depresi, Begini Penjelasannya!

25 Agustus 2023 21:35 WIB
Studi: Minum Kopi Bisa Cegah Depresi, Begini Penjelasannya!

Kopi piccolo latte. (Istimewa/Filosofi Kopi/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Meminum kopi menjadi kebiasaan banyak orang, baik remaja ataupun orang yang telah lanjut usia. Biasanya, masyarakat meminum kopi karena dipercaya mampu menghilangkan rasa kantuk.

Namun, selain penghilang kantuk, kopi ternyata bisa menghilangkan depresi dan berfungsi sebagai antidepresan juga lho.

Dilansir dari Kompas.com, dalam laman healthline, penelitian 2016 yang mengamati 11 studi observasiobal di China pada tahun 1980 hingga 2015, membuktikan bahwa kafein yang terkandung di dalam kopi bisa berkontribusi dalam menurunkan risiko depresi pada seseorang.

Dalam studi yang melibatkan 346.913 dan 8.146 di antaranya mengalami depresi, disimpulkan bahwa kafein dalam kopi memiliki efek perlindungan terhadap depresi, Beauty.

Pada riset tersebut pun disebutkan jika minum satu hingga emppat cangkir kopi dalam satu hari, bisa mengurangi munculnya keinginan bunuh diri, terutama pada wanita.

Di Jepang, pada 2014 silam, seorang peneliti membuktikan adanya beberapa komponen dalam kopi yang dapat melawan efek negatif dari depresi.

Komponen tersebut di antaranya asam klorogenat, asam ferulat, dan asam caffeic.

Baca Juga: Meski Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan, Ini Efek Samping Konsumsi Kopi untuk Diet, Beuaty Harus Tahu!

Baca Juga: Alamak! Jangan Kebanyakan Minum Kopi Beauty, Ini Lho 4 Bahaya Jika Terlalu Sering Ngopi, Tiati Bikin...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.