Moms pasti setuju kalau bayi punya bau khas yang bikin kita betah untuk lama-lama menciuminya. Dilansir dari berbagai sumber, (21/02/2021) bau bayi ternyata memiliki efek yang sangat menakjubkan bagi wanita terutama yang telah menjadi ibu. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa efek yang ditimbulkannya pada otak sama seperti kecanduan.

Sebuah penelitian yang dimuat di jurnal Frontiers in Psychology menyatakan bahwa wanita yang mencium bau dari bayi mengalami reaksi dan aktivitas otak yang sama seperti ketika mereka kecanduan terhadap sesuatu.

Walaupun berpengaruh terhadap semua wanita, reaksi ini terjadi lebih besar pada wanita yang telah menjadi ibu. Efek yang muncul pada ibu setelah mencium bayi baru lahir sama seperti kepuasan yang didapatnya setelah menghabiskan sebuah makanan yang sangat banyak dan enak.

Pada penelitian tersebut, dilakukan pemindaian otak kepada 30 wanita yang terdiri dari 15 ibu dan 15 yang belum memiliki anak saat mereka mencium berbagai macam bau. Walaupun wanita terlihat kesulitan membedakan bau bayi yang baru lahir pada percobaan, tetapi hasil pindaian otak menunjukkan hal yang berbeda. Seluruh wanita tersebut menunjukkan reaksi dan aktivitas otak yang sangat besar pada area-area tertentu.

Peneliti menyatakan bahwa hubungan antara bayi yang baru lahir dan otak wanita ini adalah sebuah bentuk rekayasa biologis yang muncul secara alami sehingga wanita dapat merawat bayi dengan kesenangan yang timbul di otak. Hal ini juga membantu munculnya hubungan yang dalam dan kedekatan antara ibu dan anak.

Baca Juga: Moms, Kulit Bayi Terasa Kering Setelah Mandi? Begini Cara Menjaga Kelembapannya

Tetapi sayangnya penelitian ini masih terbatas pada wanita dan masih belum diketahui apakah terdapat pengaruh yang sama pada pria. Keterbatasan ini membuat masih belum diketahuinya apakah kecanduan ini muncul di otak wanita karena rekayasa biologis tadi atau memang karena bau dari bayi itu sendiri. Tetapi lepas dari itu semua, mencium bau bayi yang baru lahir memang menyenangkan bagi semua orang.