Masa pandemi memang menjadi halangan bagi setiap orang di dunia. Enggak hanya sekedar memengaruhi kesehatan, pandemi juga memengaruhi ekonomi, khususnya meningkatnya harga bahan makanan.

Kini, kenaikan harga enggak hanya terjadi saat menjelang hari raya Idul Fitri belaka. Kenaikan harga sebenarnya bisa terjadi karena beberapa faktor. 

Menurut Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan RI, Srie Agustina, yang dilansir dari rekan sindikasi Herstory, Finansialku.com, terdapat empat faktor yang menyebabkan kenaikan harga bahan pokok.

Empat faktor tersebut meliputi situasi harga di luar negeri dan kurs dolar, kondisi iklim, distribusi dan faktor spekulasi. Kurs dollar sendiri memengaruhi kenaikan harga karena beberapa bahan makanan masih diimpor dari luar negeri. 

Sedangkan iklim berpengaruh dengan musim yang terkadang menyebabkan hasil panen rusak dan membuat suatu barang menjadi langka di pasar. Distribusi sendiri terjadi jika distribusi bahan terlalu jauh dan menyebabkan ongkos kirimnya jadi lebih mahal, nih! 

Baca Juga: Tips Belanja Online di Tangga Muda, Dijamin Makmur Sampai Akhir Bulan!

Nah, kalau harga di pasaran naik selama masa pandemi, kita harus apa, ya? Yuk, intip cara mengatur keuangannya!