Menu

Awas! Ini Tanda-tanda Kolesterol Tinggi yang Dapat Bermunculan di Wajah, Jangan Diabaikan Ya

29 Agustus 2023 19:00 WIB
Awas! Ini Tanda-tanda Kolesterol Tinggi yang Dapat Bermunculan di Wajah, Jangan Diabaikan Ya

Ilustrasi wajah bengkak (Freepik/stockking)

HerStory, Jakarta —

Ada banyak gejala yang bermunculan pada tubuh saat seseorang menderita kolesterol tinggi. Salah satu yang sering disorot penderitanya adalah ketika leher terasa kaku. Bukan hanya itu, gejala atau tanda kolesterol tinggi juga bisa bermunculan di wajah lho, Beauty!

Kolesterol tinggi merupakan kondisi ketika kadar kolesterol dalam darah melebihi batas normal. Sering kali, kondisi ini tak disadari oleh penderitanya. Padahal, tanda kolesteol tinggi perlu dikenali agar tubuh terhindar dari komplikasi bahaya.

Seperti yang sudah disebutkan di awal, tanda fisik kolesterol tinggi bisa bermunculan di area wajah. Sebab itu, kamu perlu perhatikan area mata, mulut, kulit wajah, hingga bahkan lidah.

Berikut HerStory rangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/8/2023), deretan tanda kolesterol tinggi pada wajah yang perlu kamu waspadai.

1. Xanthoma

Ini merupakan salah satu gejala kolesterol yang sering terjadi. Xanthoma merupakan kondisi di mana lemak tumbuh dan berkembang di bawah kulit, dan biasanya ditemukan pada daerah kelopak mata berupa gumpalan lemak yang berwarna kekuningan.

Enggak cuma di bawah mata, dalam kondisi tertenu xanthoma juga dapat tumbuh pada organ dalam. Sebenarnya, kondisi ini enggak berbaha. Namun, gejala fisik ini merupakan salah satu indikasi adanya gangguan kesehatan tertenu seperti kolesterol tinggi atau penyakit kronis diabetes. 

2. Arkus kornea

Kondisi ini ditandai dengan adanya garis putih yang terlihat di sekitar kornea. National Heart, Lung and Blood Institute AS (NHLBI) mengatakan, arcus korea adalah indikator besar kolesterol tinggi. Dikatakan individu yang memiliki riwayat keluarga kolesterol tinggi cenderung mengembangkan arcus kornea.

Baca Juga: 5 Buah yang Bisa Turunkan Kolesterol, Cocok Nih Dikonsumsi Setelah Makan Daging Kurban!

Baca Juga: Tips Diet untuk Penderita Kolesterol Tinggi, Simak Baik-baik Ya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan