Menu

Kanker Payudara Kian Mengancam, Dokter Sarankan Wanita Indonesia Lakukan Skrinning Biopsi, Apa Itu?

30 Agustus 2023 16:00 WIB
Kanker Payudara Kian Mengancam, Dokter Sarankan Wanita Indonesia Lakukan Skrinning Biopsi, Apa Itu?

Ilustrasi kanker payudara (SciTechDaily/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Kanker payudara masih menjadi penyakit kronis yang mengancam bagi kaum perempuan. Bahkan, menurut Global Cancer Observatory di Indonesia saja diperkirakan ada 65.858 kasus kanker payudara pada tahun 2020.

Dr. Harjit Kaur Perdamen dari Prince Court Medical Centre menjelaskan penyebab kanker payudara bersifat multifaktorial. Tidak ada penyebab pasti mengapa kanker payudara bisa terjadi.

“Mutasi gen yang diwariskan dapat meningkatkan risiko berkembangnya kanker payudara pada wanita secara signifikan”, ujar Dr. Harjit dikutip dari laman Sindikasi Genpi, Rabu (30/8/2023).

Ia menekankan, penanganan lebih dini sangat diperlukan untuk mencegah bertambah parahnya kanker payudara. Oleh karena itu, pemeriksaan payudara secara mandiri sangat disarankan untuk dilakukan dengan rutin.

Pemeriksaan mandiri, lanjutnya, cukup mudah, Anda dapat melakukannya sendiri dengan cara meraba area payudara, tulang dada dan dekat sisi ketiak untuk mencari adanya benjolan.

“Jika ditemukan benjolan pada area payudara, maka hal ini perlu segera diperiksa,” tegas. dr. Harjit.

Seorang wanita yang mengalami gejala seperti tersebut harus menjalani pencitraan dengan mammogram dan/atau ultrasonografi di payudara untuk menentukan apakah benjolan tersebut dicurigai sebagai kanker atau tidak.

“Kesadaran dan deteksi dini kanker payudara mampu meningkatkan keberhasilan dalam penyembuhan. Jadi, peluang penyembuhannya jauh lebih baik”, papar Dr. Harjit Kaur Perdamen.

Baca Juga: Charm Bersama YKPI Bergerak Bersama Demi Tingkatkan Kualitas Hidup Wanita Indonesia, 100 Penyitas Kanker Payudara Ikut Ramaikan CFD Jakarta!

Baca Juga: Pakar: Ini 5 Faktor Penyebab Kanker Payudara yang Harus Dihindari, Jangan Diabaikan Ya Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari