Moms, apakah kamu pernah mendapati si kecil mengigau ketika sedang tidur? Saat anak sedang mengigau dan melontarkan kata-kata ketika terpejam, biasanya para orang tua akan beranggapan bahwa ia sedang bermimpi dalam tidurnya. 

Mengutip dari klikdokter.com (22/02/2021), mengigau atau bisa juga disebut dengan somniloquy merupakan gangguan tidur yang ditandai dengan berbicara selama tidur. Cukup banyak orang tua yang menganggap bahwa hal tersebut hanyalah mesalah sepele. 

Namun perlu diketahui, faktanya mengigau ketika tidur bisa menjadi salah satu tanda bahwa ada yang enggak beres lho dengan si kecil. Ada sederet alasan yang menyebabkan ia mengalami kondisi tersebut. Nah untuk mengetahuinya, yuk simak informasi berikut ini!

Mengalami kejadian yang berkesan

Anak-anak sangat mudah untuk merasa terkesan dengan berbagai hal yang baru saja dialaminya. Ketika ia merasa terkesan, tentu saja hal itu akan menyebabkan ia selalu mengingat momen tersebut hingga terbawa ke bawah alam sadar si kecil. Ketika mengigau, biasanya ia akan melontarkan ucapakan yang persis seperti pada mimpinya. 

Ada kebutuhan yang tak terpenuhi 

Ketika anak sering mengigau, bisa jadi hal itu disebabkan oleh adanya kebutuhan psikis yang tak terpenuhi, seperti kebutuhan ditemani, diperhatikan, ataupun hanya sekedar didengarkan oleh orang tuanya. Anak yang kebutuhan pisikisnya tak terpenuhi dengan baik biasanya akan memanggil orang tuanya atau bahkan menangis saat tidur. 

Baca Juga: Mengenal Sexsomnia, Gangguan Tidur yang Membuat Melakukan Aktivitas Seks Tanpa Sadar