Setiap pasangan pasti ingin memiliki hubungan yang langgeng hingga mau menjemput. Agar gak ada kata perceraian dalam rumah tangga, berikut tips agar hubungan langgeng ala Seksolog, Zoya Amirin.

Dalam sebuah hubungan banyak faktor-faktor agar hubungan langgeng. Menurut seksolog Zoya Amirin ada dua faktor langgengnya sebuah hubungan rumah tangga agar gak terjadi perceraian yaitu faktor dinamis dan faktor bahaya laten.

Faktor dinamis terjadi karena perbedaan dalam diri seperti bedanya usia, pendidikan, adat serta budaya, dan lainnya. Oleh karena itu hal ini perlu dibicarakan sebelum menikah.

“Kalau faktor dinamis misalnya usia yang terlalu jauh, perbedaan pendidikan yang terlalu jauh. Misalnya yang satu D3 yang satunya Cuma S2, dan ketidakpahaman budaya,” ungkap Zoya Amirin, M.Psi.,FIAS. Sebagai seksolog.

Perbedaan budaya dan adat istiadat pun sangat penting dalam menjaga langgengnya sebuah hubungan. Hal ini disebabkan setiap orang memiliki budaya dan adat istiadatnya masing-masing. Apa bila memiliki perbedaan yang terlalu jauh, bisa memicu pertengkaran yang berakhir dengan perceraian.

“Jadi kalau budayanya beda banget meskipun sama-sama orang Indonesia. Budaya itu bukan cuma suku, ras, agama, tapi juga bagaimana dia dibesarkan. Ritual-ritual setiap orang kan beda, mau agamanya sama sekali pun kalau ritualnya beda-beda atau yang lainnya gak mendapat kesepakatan, pada akhirnya sulit,” tambah Zoya.

Baca Juga: Waspada! Ini Dia Faktor yang Bikin Rasa Sayang Pasanganmu Luntur