Menu

Penyebab Masalah Makan pada Anak, Dampaknya Bahaya Banget Moms, Cuss Simak!

31 Agustus 2023 20:00 WIB
Penyebab Masalah Makan pada Anak, Dampaknya Bahaya Banget Moms, Cuss Simak!

Ilustrasi Bayi Makan. (Vividbaby.com/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Salah satu upaya membantu tubuh kembang optimal pada anak adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisinya serta stimulasi. Namun Moms, ada kalanya anak menunjukkan masalah makan atau feeding difficulties. 

Nah, dalam kondisi ini orangtua tentu harus waspada, saat anak menunjukkan gejala penolakan makan, yang berlansung lebih dari satu bulan. Tanda penolakan makan anak, antara lain makan terlalu lama, ditraksi meningkatkan asupan, pemberian ASI berkepanjangan, makan nokturnal, hingga gagall mengenal tekstur makanan. 

Peyebab Feeding Difficulties

Masalah makan disebabkan berbagai faktor, termasuk ligkungan, perilaku atau psikologis, behaviour anak, hingga gangguan organik seperti masalah pencernaan. 

Dari perspektif gastrohepatologi, feeding difficulties disebabkan gangguan pada pencernaan sehingga memengaruhi nafsu dan rutinitas makan sehari-hari. 

Beberapa gangguan pencernaan yang menyebabkan ketidaknyamanan anak saat makan yakni diare, muntah, sakit perut, demam, gastroesophageal reflux disease (GERD), intoleransi laktosa, atau gastrointestinal lainnya. 

Pakar GastrohepatologiBadriul Hegar menyebutkan, masalah makan pada anak perlu menjadi perhatian karena berdampak pada terganggunya pertumbuhan. 

“Konsumsi zat nutrisi yang tak optimal, perkembangan juga terganggu, dan mempengaruhi emosinya. Istilah yang sering dipakai dan penerapannya pada masalah makan bervariasi, kadang tidak konsisten. Ada yang menyebutnya kesulitan makan, picky eaterselective eater, dan beberapa istilah lainnya,” ungkap Hegar, dalam keterangan tertulis, diterima HerStory, Kamis (31/8/2023). 

Tingkat kesulitan pada anak bervariasi bergantung istilah yang digunakan dan umur. Secara umum berkisar 20-70% pada anak usia di bawah 5 tahun. 

Baca Juga: 3 Resep Makanan untuk Anak 1-3 Tahun yang Susah Makan, Pasti Gizi Langsung Terpenuhi dna Auto Lahap Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ummu Hani