Menu

Sering Jadi Perdebatan, Tomat Itu Masuk Kategori Sayur atau Buah Ya? Ini Faktanya!

04 September 2023 13:05 WIB
Sering Jadi Perdebatan, Tomat Itu Masuk Kategori Sayur atau Buah Ya? Ini Faktanya!

Tomat. (Unsplash/Vince Lee)

HerStory, Jakarta —

Moms, tomat merupakan salah satu makanan yang sering digunakan sebagai bahan masakan ataupun langsung dimakan tanpa diolah. Namun, banyak yang bingung ingin mengkategorikan tomat sebagai sayuran atau buah-buahan.

Pasalnya, tomat kerap dimasak bersamaan dengan sayur-sayuran. Jadi, banyak yang menganggap tomat termasuk sebagai sayuran juga.

Di sisi lain, ada pula yang mengatakan bahwa tomat merupakan buah-buahan, Moms. Hal ini didasari oleh struktur dan fungsi dari tomat.

Hmm, lalu yang manakan kelompok tomat sebenarnya? Yuk, simak faktanya berikut ini!

1. Klasifikasi botani

Moms, dilihat dari klasifikasi botaninya, sayur dan buah memiliki perbedaan. Sayur merupakan tanaman yang terdiri dari akar, batang, daun atau ada tambahan lain dari tanaman. 

Sedangkan buah terbentuk dari bunga yang memiliki biji dan tumbuh akibat adanya proses reproduksi tanaman. 

Nah, dilihat dari klasifikasi botaninya, tomat memiliki ciri yang sama dengan buah. Di dalam tomat terdapat biji yang mana tak dimiliki oleh sayuran.

Selain itu, tomat tumbuh dari bunga tanaman, yang mana terjadi proses reproduksi tanaman yang dapat terjadi secara vegetatif maupun generatif. 

2. Sering digabungkan ke sayuran

Sering ada perdebatan soal tomat yang sering digabungkan dengan sayur-sayuran dalam sebuah menu makanan. Moms, hal ini sering terjadi untuk memperkaya cita rasa masakan.

Nyatanya bukan hanya buah tomat yang mengalami krisis identitas, lho. Ada buah lainnya yang kerap dianggap sayuran, seperti timun, terong, okra, hingga paprika.

Jadi, sudah dipastikan bahwa tanaman yang memiliki biji ini merupakan buah, ya. Cita rasanya yang segar membuat tomat sering dipakai jadi pelengkap masakan, namun bukan berarti tomat termasuk sayuran, ya!

Baca Juga: Meski Banyak Manfaat, Tomat Bisa Jadi Sumber Bahaya Juga Lho, Penderita Batu Ginjal Sebaiknya Hindari!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan