Moms pasti pernah ingin membahagiakan si kecil dengan membelikan mereka kejutan berupa mainan yang mereka sukai. Selain anak yang bahagia saat mendapatkan kejutannya, orang tua juga bisa merasakan kebahagiaan anak, lho!

Sayangnya, kebahagiaan itu bisa dengan cepat luntur karena anak di bawah umur lima tahun suka sekali merusakkan barang kesayangan mereka sendiri secara tiba-tiba. Kira-kira kenapa ya anak bisa melakukan hal itu?

Lalu, bagaimana, sih, caranya menghadapi anak yang suka merusak barang? 

Ajarkan anak bertanggung jawab

Nah, begini, Moms, setiap kali kamu memberikan barang baru kepada anak, ajarkan mereka cara bertanggung jawab. 

Enggak hanya itu, setiap kali bermain dengan si kecil dengan alat-alat yang akan membuat kotor, jangan lupa untuk memasukan agenda bersih-bersih. Anak mungkin enggak bisa membersihkan secara sempurna, itu dia gunanya orang tua untuk berada di samping mereka. Intinya adalah, ajari anak cara bertanggung jawab.

Timbulkan rasa kepemilikan

Timbulkan rasa kepemilikan akan benda yang kamu berikan kepada anak, ajak mereka untuk selalu merawat barang-barangnya. Beri pemahaman kepada anak bahwa barang yang sudah diberikan kepadanya, jika rusak oleh dirinya sendiri, maka barang tersebut enggak akan diganti.

Selain itu, ajarkan juga cara merawat barang agar mereka bisa lebih menyanyangi apa yang mereka miliki. Jika anak masih merusak barang dan merengek untuk membeli yang baru, Moms harus bisa bersikap tegas. 

Baca Juga: Si Kecil Mergokin Ayahnya Selingkuh? Begini Cara Supaya Anak Gak Langsung Membencinya

Cara ini bisa diterapkan untuk keseharian mereka agar anak lebih bisa tanggung jawab dan enggak merusak barangnya sendiri.