Menu

Tiati Penyakit Batu Empedu Intai Kamu yang Suka Makan 'All You Can Eat', Dokter Spill Biang Keroknya!

11 September 2023 04:00 WIB
Tiati Penyakit Batu Empedu Intai Kamu yang Suka Makan 'All You Can Eat', Dokter Spill Biang Keroknya!

Ilustrsi makan All You Can Eat. (Istimewa/DailyHotels.id/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Konsep makan All You Can Eat belakangan memang ramai diterapkan diberbagai restoran, khususnya yang menyajikan daging-dagingan. Hal ini pun jadi favorit banyak orang, apalagi harganya yang terjangkau dan rasanya menggugah selera.

Tapi tahukah kamu Beauty, konsep all you can eat itu bisa bikin kamu gak bisa kontrol asupan daging tinggi lemak yang masuk ke dalam perut kamu.

Akibatnya jika keseringan makanan tinggi lemak seperti daging-dagingan bisa picu munculnya batu di kantung empedu.

Menurut Prof. Dr. dr. Murdani Abdullah, Sp.PD, KGEH, FINASIM, FACG, FASGE, Konsultan Gastroentero – Hepatologi Eka Hospital BSD, rupanya batu pada kantung empedu bisa muncul ketika empedu yang berfungsi untuk melarutkan kolesterol justru produksinya lebih sedikit, ", sehingga kelebihan kolesterol dapat terbentuk menjadi kristal dan akhirnya menjadi batu."

Meski begitu, adanya batu empedu bisa saja tak menimbulkan gejala apapun, tapi jika letaknya sudah ada di leher kantong empedu, hati-hati menyebabkan peradangan sampai sumbat saluran kantung empedu sehingga bisa menghambat saluran yang mengalirkan empedu dari hati ke usus kecil.

Selain itu, dr. Murdani Abdullah pun memberikan beberapa penjelasan tentang gejala jika seseorang mengalami peradangan akibat batu empedu, simak ya Beauty!

  • Nyeri yang tiba-tiba dan meningkat dengan cepat di bagian kanan atas perut atau di bagian tengah perut, tepat di bawah tulang dada  
  • Nyeri punggung di antara tulang belikat dan bahu kanan
  • Kulit dan mata tampak kuning
  • BAB berwarna dempul (pucat) 
  • Mual atau muntah

Nah, jika sudah ada tanda-tanda dalam tubuh Beauty lebih baik segera periksa untuk mengetahui jenis batu empedunya, apakah batu empedu kolesterol atau pigmen agar bisa diobati sesuai prosedur.

Itulah informasi bahaya makan all you can eat jika keseringan bisa mengakibatkan batu empedu, semoga informasinya bermanfaat ya Beauty!

Baca Juga: Meski Porsi 'Segunung', Ini Tips Makan All You Can Eat dengan Sehat dan Gak Bikin Panik Berat Badan Naik! Gimana Sih?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.