Menu

5 Tips Ampuh Menurut Dokter untuk Cegah Diabetes bagi Para Prediabetes, Nomor 1 Wajib Dilakukan!

11 September 2023 08:20 WIB
5 Tips Ampuh Menurut Dokter untuk Cegah Diabetes bagi Para Prediabetes, Nomor 1 Wajib Dilakukan!

Alat pengukur kadar gula darah. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty apakah kamu termasuk seseorang yang disebut sebagai prediabetes, yaitu kondisi ketika gula darah yang Beauty miliki cukup tinggi tapi belum cukup jika dikatakan diabetes.

Jika iya, hati-hati lho, hal ini karena ancaman diabetes sudah di depan mata Beauty! Meski begitu, Beauty bisa dikatakan belum terlambat untuk cegah diabetes karena kondisinya masih prediabetes.

Dr. Rudy Kurniawan, Sp.PD, MM, MARS, Dip.TH, DCD yang merupakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Eka Hospital BSD itu pun memberikan 5 tips ampuh bagaimana seseorang yang sudah masuk kategori prediabetes untuk terhindar dari diabetes.

Mulai dari jaga pola makan hingga minum obat, inilah 5 tips cegah diabetes bagi para prediabetes menurut Dr. Rudi Kurniawan, simak baik-baik ya Beauty!

1. Jaga pola makan

Setelah Beauty tahu kadar gula darah sudah tinggi, coba untuk meninggalkan kebiasaan buruk konsumsi makanan tak sehat, tinggi lemak, tinggi minyak, dan kalori. 

Kini Beauty bisa beralih dan menerapkan pola makan dengan nutrisi seimbang. Dr. Rudi pun menyarankan makanan seperti daging ayam, ikan, kacang-kacangan, sayur-sayuran, buah-buahan, Selain itu, Beauty pun dianjurkan untuk konsumsi makanan rendah lemak tinggi nutrisi, seperti protein, serat dan vitamin agar bisa memenuhi gizi harian Beauty tanpa kekurangan dan kelebihan.

2. Perbanyak aktivitas fisik dan olahraga

Beauty pasti tahu jika olahraga merupakan salah satu cara yang bisa kontrol gula darah dalam tubuh. Selain itu, jika Beauty merupakan orang mageran, hati-hati terkena obesitas, apalagi jika banyak makan tak sehat.

Dengan berolahraga kalori pun bisa terbakar dan insulin pun bisa bekerja dengan baik

3. Jaga berat badan ideal

Risiko jika kelebihan berat badan itu bisa memicu obesitas, nah dari obesitas ini bisa memicu diabetes karena insulinnya tak bekerja dengan baik.

Maka dari itu, Beauty yang sudah masuk kategori prediabetes sebaiknya berusaha untuk jaga berat badan tetap ideal ya!

4. Berhenti merokok

Jika Beauty seseorang yang suka merokok, maka mau tak may kebiasaan buruk ini harus ditinggalkan karena bisa tingkatkan masalah kesehatan, salah satunya diabetes.

Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan karena merokok bisa ganggu kinerja insulin dan diabetes pun bisa menyerang Beauty

5. Konsumsi obat jika dianjurkan dokter

Jika Beauty sudah melakukan konsultasi dengan dokter dan diharuskan minum obat, maka Beauty harus minum obat.

Itulah 5 tips yang dianjurkan oleh dokter, selain itu Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Eka Hospital BSD itu menyarankan untuk Beauty yang sudah masuk prediabetes tak menganggap enteng masalah tersebut.

"Prediabetes adalah kondisi yang sebaiknya tidak disepelekan. Meskipun belum diabetes, prediabetes menandakan kadar gula di dalam tubuh sudah dalam rentang di atas normal, dan itu bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius jika tidak ditangani. Jika Anda sudah dinyatakan prediabetes oleh dokter, sebaiknya rutin konsultasikan diri dengan dokter untuk mencegah diabetes lebih dini," tutup sang dokter.

Baca Juga: Bukan Cuma Makanan Manis! Ini 4 Jenis Makanan yang Berisiko Picu Diabetes, Ada Kesukaan Moms Gak?

Baca Juga: Bisa Dilakukan Segala Usia, Ini 5 Langkah Mencegah Penyakit Diabetes, Sangat Direkomendasikan Ahli!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.