Menu

Meski Bermanfaat, 2 Makanan Ini Berbahaya untuk Bayi yang Umurnya Belum Setahun, Harus Dihindari Moms!

12 September 2023 12:25 WIB
Meski Bermanfaat, 2 Makanan Ini Berbahaya untuk Bayi yang Umurnya Belum Setahun, Harus Dihindari Moms!

ilustrasi baby eating (Pexels.com/Hasan Albari)

HerStory, Jakarta —

Sistem pencernaan pada bayi yang belum berusia satu tahun belum bisa menerima berbagai macam makanan. Itu sebabnya si kecil baru bisa makan MPASI ketika berusia 6 bulan, itu pun bahan dan tekstur makanannya harus diatur.

Selain itu, menurut BUKU PINTAR 365 HARI MPASI TERLENGKAP oleh Astrid Savitri seorang praktisi gizi sekaligus relawan UNICEF, ternyata ada beberapa makanan yang bisa berbahaya terhadap pencernaan si kecil

Nah, Astrid Savitri pun memberikan dua jenis makanan yang bisa jadi bahaya untuk anak sehingga tak boleh diberikan sebelum usianya lebih dari setahun.

Kira-kira apa saja makanan yang bisa berbahaya untuk si kecil, mending simak berikut ini yuk Moms,

1. Madu

Madu bisa berbahaya terhadap pencernaan si kecil karena bisa menyerap clostridium botulinum yang bisa sebabkan botulisme.

Nah karena sistem pencernaan si kecil belum bisa cegah pertumbuhan spora ini, maka spora tersebut bisa berkembang dan menghasilkan racun berbahaya

2. Susu sapi dan susu kedelai

Jika usia si kecil belum genap setahun, ternyata sistem pencernaan anak belum bisa mencerna protein yang dihasilkan oleh susu sapi dan susu kedelai.

Apalagi mineral yang ada dalam kedua susu tersebut bisa merusak ginjal. Selain itu susu sapi dan susu kedelai tak memiliki nutrisi yang dibutuhkan bayi.

Daripada jadi bahaya, sebaiknya Moms hindari madu, susu sapi, dan susu kedelai dari si kecil ya.

Baca Juga: Melalui Platform 'Soya Generasi Maju' Berbasis AI dari SGM Eksplor ISOPRO SOY, Moms Bisa Tanya Soal Alergi Sapi Lho!

Baca Juga: Penting Kenali Gejalanya, Nutricia Spill Cara Mengatasi Anak yang Alergi Susu, Moms Catat!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan