Menu

3 Alasan Seblak Cobek yang Super Pedas Tak Ramah untuk Penderita GERD, Lebih Baik Dihindari ya Beauty Biar Gak Jadi Penyakit!

02 Oktober 2023 12:21 WIB
3 Alasan Seblak Cobek yang Super Pedas Tak Ramah untuk Penderita GERD, Lebih Baik Dihindari ya Beauty Biar Gak Jadi Penyakit!

Seblak cobek viral (YouTube/Start Cooking)

HerStory, Jakarta —

Seblak cobek saat ini banyak sekali yang menyukainya, perpaduan kerupuk yang kenyal ditambahkan dengan cabai pedas dan minyak panas ini membuat cita rasa yang sangat menggugah selera.

Makanan pedas ini memang menjadi kecintaan bagi beberapa orang karena dianggap kurang “sah” ketika disajikan dengan rasa biasa. Cabai memang dapat digunakan sebagai pengobatan radang serta melancarkan sirkulasi peredaran darah dalam tubuh, sehingga saat mengkonsumsi makanan pedas, darah dalam tubuh menjadi mengalir lebih cepat yang membuat racun dalam tubuh dapat dikeluarkan melalui keringat.

Walaupun makan makanan pedas dengan ekstra cabai dapat membantu melancarkan sirkulasi darah, ternyata makanan penggugah selera dengan berbagai level ini tidak dianjurkan bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan lambung seperti GERD. Menurut keterangan resmi yang diterima oleh Herstory dari dr. Dedy Gunawanjati Sudrajat, Sp.PD-KGEH, FINASIM yang merupakan Konsultan Gastroentero Hepatologi Eka Hospital BSD, Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan masalah kesehatan yang terjadi pada saat asam lambung kembali naik ke kerongkongan, ini disebabkan karena sfingter esofagus bagian bawah rileks dan memungkinkan asam lambung naik. 

Bagi penderita GERD mengkonsumsi makanan pedas seperti seblak cobek dapat selalu mengakibatkan GERD tidak sepenuhnya benar. Ada beberapa orang mengkonsumsi makanan pedas tanpa efek samping. Hanya mengkonsumsi makanan pedas yang mengandung senyawa capsaicin ini dapat membuat kerongkongan menjadi iritasi sehingga menyebabkan sensasi terbakar dan berpotensi memperburuk gejala asam lambung. Makan makanan pedas dengan bumbu masakan seperti kunyit dan jahe memiliki efek anti-inflamasi dan berpotensi bermanfaat bagi penderita GERD, jadi tidak semua makanan pedas dibuat dari bumbu yang sama. Namun guna lebih aman dan menurunkan risiko GERD, dianjurkan untuk menghindari konsumsi makanan pedas yang berlebihan.

Ada beberapa sebab mengapa konsumsi makanan pedas seperti seblak cobek tidak dianjurkan bagi penderita GERD seperti:

  1. Makanan pedas memiliki kandungan asam yang tinggi, ini dapat memicu naiknya kadar asam lambung yang berdampak dapat memungkinkan merasa sakit perut atau mulas. 
  2. Otot pada bagian atas perut biasanya menyimpan isi perut. Makanan pedas ini dapat melemahkan otot perut yang berdampak pada asam lambung dapat naik kembali dari perut ke kerongkongan
  3. Selain memiliki kandungan asam yang tinggi, makanan pedas umumnya memiliki kandungan lemak yang tinggi. Makanan tinggi lemak ini memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna dalam lambung, sehingga berpotensi meningkatkan kadar asam lambung.

Semoga informasinya bermanfaat ya Beauty!

Baca Juga: Mengenal Khasiat Minuman Serbuk Umbi Garut dengan Mucosave dari SOLITA yang Disebut Bisa Jaga Kesehatan Lambung, Simak Yuk Beauty!

Baca Juga: Sesak Napas Setelah Makan, Tanda Sakit Apa? Tiati Beauty Kamu Bisa Saja Menderita Penyakit Ini...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah