Sebuah penelitian mengungkap bahwa wanita yang sudah menikah memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung yang lebih kecil daripada wanita yang masih single

Hasil ini didapatkan peneliti setelah mengamati data dari 734.626 wanita berusia rata-rata 60 tahun yang menjadi bagian dari Million Women Study. Dilansir dari berbagai sumber, (25/02/2021) mulanya semua partisipan aman dari penyakit jantung, kanker, dan stroke.

Selanjutnya, peneliti menghitung risiko kematian wanita yang sudah menikah dan membandingkannya dengan wanita yang belum menikah selama 8,8 tahun.

Setelah 8,8 tahun, sekitar 30.747 wanita masuk ke rumah sakit atau meninggal akibat penyakit jantung. Peneliti kemudian menemukan bahwa risiko kematian akibat penyakit jantung pada wanita yang sudah menikah 28 persen lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang tak menikah, seperti ditulis oleh Huffington Pos.

Wanita tak menikah dalam penelitian ini termasuk wanita yang single, sudah bercerai, atau menjanda. Hasil tersebut bahkan tetap sama setelah peneliti mempertimbangkan faktor lain seperti tingkat sosial dan ekonomi. Lantas, apa yang menyebabkan wanita yang sudah menikah lebih sehat?

Hal ini bisa dipengaruhi oleh pasangan. Wanita yang sudah menikah bisa jadi lebih menjaga kesehatan gaya hidup mereka dibandingkan dengan wanita yang single atau bercerai.

Baca Juga: Sering Alami Nyeri Perut Sebelah Kiri? Ini Penyebabnya

Peneliti menekankan bahwa penelitian ini merupakan salah satu pendekatan yang menunjukkan kaitan antara status pernikahan dengan kesehatan wanita, sementara penelitian lainnya biasanya lebih fokus pada pria.