Sudah bukan rahasia lagi jika kasih sayang seorang ibu merupakan salah satu kebutuhan anak yang harus terpenuhi. Karena perlu diketahui, bahwa kehadiran sosok ibu sangat penting untuk kelancaran tumbuh kembang si kecil. Apabila kebutuhan tersebut tak terpenuhi, maka anak bisa jadi mengalami mother wound

Apakah moms pernah mengenal istilah tersebut? Mother wound merupakan salah satu kondisi ketika anak kurang mendapatkan kehadiran sosok ibu secara emosional. Yaps, si kecil tak hanya membutuhkan kehadiran fisik moms saja, tetapi ia juga membutuhkan kehadiran sosok ibunya secara emosional. 

Menurut salah satu penelitian, kondisi tersebut kerap terjadi secara turun-menurun. Hal itu karena apa yang ditanamkan oleh orang tua pada buah hatinya akan sangat memberikan dampak untuk kehidupan ia kedepannya. Jadi dengan kata lain, anak yang kekurangan kasih sayang pada masa kecilnya, ia berkemungkinan besar untuk melakukan hal yang sama pada anak-anaknya kelak. 

Kondisi mother wound tentu saja akan memberikan dampak yang kurang baik pada anak, di antaranya ia akan kurang memiliki kesadaran emosional, tak memiliki rasa percaya diri, kesulitan dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar, dan juga mengalami kesulitan untuk mengontrol emosi serta perasaannya di kemudian hari. 

Agar anak tak mengalami kondisi tersebut, moms bisa coba untuk ikut serta dalam aktivitas si kecil dan kurangi waktu untuk bermain gadget. Percaya atau enggak, menghabiskan waktu dengan bermain bersama anak dapat terasa menyenangkan serta dapat menurunkan risiko stres lho moms.