Menu

Selain Jahe, Inilah 4 Jenis Makanan yang Bisa Redakan GERD Pada Bumil, Khasiatnya Gak Main-main Moms!

06 Oktober 2023 12:05 WIB
Selain Jahe, Inilah 4 Jenis Makanan yang Bisa Redakan GERD Pada Bumil, Khasiatnya Gak Main-main Moms!

Ilustrasi ibu hamil. (HerStory/Wafi)

HerStory, Jakarta —

Para Moms yang sedang hamil pasti merasakan perubahan hormon, tak heran para Bumil kerap merasa mual, pusing, mudah lelah, hingga alami gangguan pada lambung, misalnya GERD. Biasanya gangguan tersebut pada terjadi pada trimester pertama namun ada pula yang bergejala sampai akhir kehamilan. 

Menurut keterangan resmi yang diterima Herstory dari dr. Finna Hardjono, Sp.OG yang merupakan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Eka Hospital Bekasi, ternyata GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) ini bisa terjadi karena asam lambung naik ke arah kerongkongan. Peningkatan kadar hormon selama kehamilan akan membuat pergerakan otot saluran cerna melambat  sehingga makanan dan asam lambung lebih lama dicerna. Hal ini meningkatkan kemungkinan refluks asam. Selain itu rahim yang semakin membesar akan memenuhi rongga perut dan mendesak organ perut lainnya sehingga tekanan yang timbul dapat memperburuk gejala GERD.

Masalah kesehatan ini nantinya akan mereda setelah bayi lahir, namun apabila sebelum hamil sudah bergejala, disarankan untuk melakukan pemeriksaan sejak dini. GERD mungkin membuat ibu tidak nyaman, tapi jangan khawatir karena GERD tidak akan mempengaruhi tumbuh kembang janin.

Meskipun demikian, Ibu hamil dianjurkan untuk makan teratur dan penuhi kebutuhan protein, buah dan sayuran yang seimbang. Ada beberapa makanan yang dapat meredakan GERD untuk ibu hamil: 

1. Jahe

Jahe yang bersifat anti inflamasi ini dapat mampu redakan gejala GERD serta mengatasi mual di saat pagi hari. 

2. Buah Pisang

Konsumsi buah pisang sebagai sarapan atau selingan sebelum makan berat, ini dilakukan karena pisang merupakan sumber potasium yang dinilai dapat menetralisir kadar asam lambung.

3. Sayuran Daun Hijau

Saat trimester ke-2 dan ke-3, mual saat pagi hari umumnya sudah mereda, namun nafsu makan akan meningkat, ibu disarankan untuk banyak konsumsi sayuran daun hijau. Sayuran ini banyak nutrisi serat dan bersifat basa yang tidak menyebabkan GERD, sayuran daun hijau ini seperti kangkung, bayam atau seledri.

Baca Juga: Mual Muntah di Awal Kehamilan? Ini Tips Atur Pola Makan pada Ibu Hamil agar Tetap Mendapatkan Nutrisi

Baca Juga: Berisiko Mengalami Mual dan Mentah, Bolehkah Moms Hamil Konsumsi Lalapan Mentah? Simak Faktanya Berikut Ini Yuk....

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan