Kulit berjerawat, pori-pori besar, kerutan halus dan keriput adalah musuh bagi setiap wanita. Hampir seluruh wanita pasti nggak mau mengalami kondisi tersebut. Mencoba berbagai produk skin care merupakan salah satu cara untuk merawat kesehatan kulit wajah dan juga mencegah terjadinya penuaan dini. 

Namun perlu diketahui, meskipun kamu telah mencoba berbagai produk skin care, ternyata ada beberapa kebiasaan yang dapat memicu timbulnya garis halus serta keriput pada wajah lho beauty. Untuk mengetahuinya, yuk simak informasi berikut ini! 

Terlalu sering menggosok mata 

Apakah kamu memiliki kebiasaan menggosok-gosok mata? Mulai saat ini hindari kebiasaan tersebut ya beauty. Pasalnya, kulit di sekitar area mata memiliki lapisan yang tipis, sehingga jika kamu sering menggosoknya dapat memicu timbulnya keriput. 

Mengonsumsi gula berlebih

Tak hanya menyebabkan penyakit diabetes, mengonsumsi gula berlebih juga dapat memicu timbulnya keriput pada area wajah. Hal itu karena gula yang berlebih tak dapat diserap oleh tubuh, sehingga akan menimbulkan zat yang dapat merusak kolagen dan elastin.

Merokok

Apakah kamu memiliki kebiasaan merokok? Salah satu studi menyebutkan bahwa merokok dapat meningkatkan pengenduran kulit di area kelopak mata, kantung mata, dan sekitar mulut. Hal itu disebabkan oleh kandungan nikotin pada rokok yang dapat menghalangi oksigen mencapai permukaan kulit serta adanya zat kimia lain yang dapat merusak kolagen dan elastin. 

Nah, itu dia 3 kebiasaan yang dapat memicu timbulnya keriput pada wajah. Pastikan kamu menghindari kebiasaan tersebut ya beauty