Moms, apakah si kecil sering mengemut makanan yang diberikan? Kondisi tersebut tak jarang membuat para moms merasa bingung ataupun kesal dan hilang kesabaran. Eits, jangan emosi dulu ya moms. Jika kamu mengatasinya dengan cara memarahi si kecil, hal itu hanya akan membuat anak merasa stres dan berujung pada aksi gerakan tutup mulut (GTM). 

Perlu diketahui, bahwa ada beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab anak mengemut makanannya, di antaranya seperti adanya kelainan pada sensorik mulut, sedang dalam fase tumbuh gigi, sariawan, atau kesulitan mengunyah karena tekstur yang terlalu keras.

Agar moms tak merasa pusing dan emosi karena si kecil yang suka mengemut makanan, berikut ini HerStory punya beberapa tips yang bisa moms terapkan untuk mengatasinya. Simak informasinya dengan baik ya moms! 

Batasi cemilan sebelum makan 

Moms, biasakan untuk tak memberikan si kecil cemilan atau susu sejam sebelum waktunya ia makan ya. Karena, jika waktu makannya sudah tiba, anak akan merasa kenyang dan menolak atau malah mengemut makanannya. 

Ajak makan bersama 

Berilah si kecil contoh bagaimana sikap makan yang baik. Ketika kamu mengajak anak makan bersama, maka ia akan mellihat bagaimana caranya menghabiskan makanan dengan benar. Selain itu, aktivitas makan bersama juga diyakini dapat membuat anak lebih tertarik untuk menghabiskan makanannya lho

Atur variasi menu makanan 

Moms, anak-anak cenderung lebih cepat bosan dengan menu atau tekstur makanan yang itu-itu saja. Ketika anak bosan dengan makanan yang diberikan, tak jarang ia akan mengemut makanan tersebut. Untuk mencegahnya, kamu bisa membuat variasi menu yang berbeda setiap harinya dan juga membuat makanan dengan berbagai bentuk yang lucu. 

Nah, itu dia 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi si kecil yang sering mengemut makanan. Selamat berkreasi moms!