Menu

Bahaya Banget! Ternyata Sakit Gigi Bisa Picu Sakit Jantung, Mending Intip Yuk Cara Mencegahnya Beauty!

15 Oktober 2023 16:55 WIB
Bahaya Banget! Ternyata Sakit Gigi Bisa Picu Sakit Jantung, Mending Intip Yuk Cara Mencegahnya Beauty!

Ilustrasi sedang sakit gigi. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty kah pernah kamu merasakan sakit gigi, entah karena gigi berlubang, gusi bengkak, dan masalah lainnya?

Namun tahukah Anda jika sakit gigi tidak selamanya hanya menyebabkan masalah pada mulut? Gigi memiliki berbagai macam bagian yang terdiri dari enamel, gusi, akar, hingga saraf yang pastinya juga terhubung oleh peredaran darah hingga saraf otak. Sehingga ini juga akan memungkinkan jika sakit gigi juga bisa meluas dan menyebabkan masalah tertentu di bagian organ lain, salah satunya yaitu pada jantung.

Menurut keterangan resmi dari  dr. Sanny March Silaban, Sp.JP sebagai Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Eka Hospital Pekanbaru, ternyata dengan menjaga kesehatan gigi dan jantung, kamu dapat menurunkan dari risiko-risiko dari sakit gigi dan sakit jantung. Menjaga kesehatan gigi tidak hanya berimbas pada kesehatan mulut juga, namun juga dapat menyebabkan infeksi ke jantung hingga otak jika tidak segera ditangani. 

Oleh sebab itu pastikan untuk rutin memeriksakan gigi ke Dokter Gigi 6 bulan sekali, Beauty sudah menurunkan risiko dari masalah pada gigi dan mulut seperti gigi berlubang dan infeksi pada gusi. Pastikan untuk menjaga kesehatan gigi dengan rutin menggosok gigi 2 kali sehari dan rajin melakukan flossing untuk membuang sisa-sisa makanan yang terselip di antara-antara gigi.

Selain kesehatan gigi, tindakan penurunan risiko dari sakit jantung sebaiknya dilakukan sejak dini untuk mencegah terjadinya masalah jantung di masa depan, seperti:

  1. Menjaga pola makan, penuhi kebutuhan nutrisi harian dan kurangi konsumsi makanan tinggi akan kandungan kolesterol, gula, dan garam.
  2. Berolahraga secara rutin setidaknya 150 menit per minggu atau 30 menit per hari.
  3. Menjaga pola tidur, hindari begadang terlalu sering dengan mendapatkan tidur 8 jam sehari.
  4. Menjaga berat badan ideal.
  5. Meninggalkan kebiasaan buruk seperti merokok.
  6. Mengelola stres dengan bijak.

Anda bisa melakukan konsultasi dengan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dengan rutin untuk memeriksa kesehatan jantung, terutama jika Anda memiliki riwayat penyakit kardiovaskular dalam keluarga.

Baca Juga: Benarkah Sakit Gigi Bisa Picu Sakit Jantung? Spesialis Dokter Jantung Beberkan Hubungannya....

Baca Juga: Tiati Bisa Jadi Tanda Bahaya, Simak Gejala Nyeri Ulu Hati yang Disebabkan Oleh Penyakit Jantung, Bisa Bikin Sesak Napas!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.