Menu

Bukan Untung Malah Buntung! Ini 4 Risiko Belanja Online Gunakan Paylater yang Jarang Diketahui, Benarkan Identitas Bisa Bocor?!

18 Oktober 2023 20:30 WIB
Bukan Untung Malah Buntung! Ini 4 Risiko Belanja Online Gunakan Paylater yang Jarang Diketahui, Benarkan Identitas Bisa Bocor?!

Ilustrasi belanja online (Sumber: Freepik)

HerStory, Jakarta —

Seiring perkembangan zaman, sistem belanja kini sudah sangat mudah dan banyak sekali e-commerce yang merajalela, seperti Shopee, Lazada, Blibli, dan masih banyak lagi.

Tentu saja kemudahan berbelanja ini sangat menguntungkan bagi banyak pihak dan transaksinya pun sangat mudah sehingga bisa membuat banyak orang kecanduan.

Salah satu fitur transaksi online yang tersedia adalah beli sekarang dan bayar nanti (BNPL) atau paylater. Menggunakan paylater dapat membeli barang tanpa membayar langsung, namun pembayaran akan dilakukan di setiap bulan dengan bunganya.

Paylater ini memang terlihat dapat memudahkan masyarakat dalam membeli barang. Namun, jika kecanduan menggunakan fitur ini, maka akan memberikan dampak yang tak bagus. Tak hanya itu, menggunakan paylater juga dapat menimbulkan risiko bagi penggunanya.

Lantas, risiko apa saja yang ditimbulkan saat menggunakan paylater? Berikut adalah empat risiko menggunakan paylater.

1. Rencana Keuangan Kacau

Cicilan paylater setiap bulannya, dapat membuat rencana keuangan menjadi kacau. Misal, awalnya rencana keuangan untuk membayar cicilan, namun ada kebutuhan mendesak. Uang cicilan dipakai untuk hal lain, membuat pengguna tak dapat membayar cicilan.

Menunggaknya cicilan karena telat membayar dapat memperburuk kualitas keuangan pengguna lho Beauty. Tunggakan cicilan juga dapat menyebabkan pengguna terkena biaya denda. Lebih parahnya lagi kualitas nilai keuangan pengguna di BI Checking akan buruk.

Baca Juga: Studi Populix: Ritel Offline dan Online Akomodasi Preferensi Belanja Konsumen Indonesia yang Beragam

Baca Juga: Tokopedia Luncurkan Fitur Ambil di Tempat, Gak Perlu Ribet Lagi Beauty

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan