Menu

Anak Muda Waspada Penyakit Jantung, Yuk Kenali Tanda-tandanya, Jangan Dibiarkan Sampai Nunggu Parah Baru Diobati!

20 Oktober 2023 13:25 WIB
Anak Muda Waspada Penyakit Jantung, Yuk Kenali Tanda-tandanya, Jangan Dibiarkan Sampai Nunggu Parah Baru Diobati!

Ilustrasi wanita yang mengalami sakit jantung. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty kamu pasti sering mendengar jika penyakit jantung adalah penyakit orangtua, tapi sekarang hal itu tak berlaku lagi karena banyak yang masih muda pun mengidap penyakit jantung. 

Mengutip dari sindikasi yoursay.suara.com, berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menyebutkan adanya tren peningkatan  penyakit jantung dari 0,5% pada tahun 2013 menjadi 1,5% pada 2018. Disamping itu, Penelitian dengan menggunakan data dari Indonesian Family Life Survey (IFLS) 5 pada kelompok usia produktif di Indonesia, yakni 15-59 tahun, menyebutkan bahwa prevalensi penyakit jantung koroner sebesar 1.30i 24.199 masyarakat yang berusia 15-19 tahun. 

Kondisi ini dipicu oleh perubahan gaya hidup yang serba instan, terutama dalam pemilihan makanan. Pasalnya, makanan siap saji dan junk food lebih banyak diminati dibanding makanan rumahan dengan alasan menghemat waktu. Padahal makanan tersebut mengandung kadar lemak, garam, serta gula yang tinggi dan berkaitan langsung dengan penyakit jantung.

Tak hanya itu, kurangnya aktivitas fisik, konsumsi sayur dan buah, kebiasaan merokok, dan obesitas juga turut andil sebagai pemicu penyakit silent killer ini. Lantas, seperti apa tanda penyakit jantung di usia muda? Berikut empat di antaranya disadur dari berbagai sumber.

1. Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan tanda yang paling umum dari penyakit jantung. Sebab, hipertensi bisa memperberat kerja jantung dalam memompa darah hingga membuat pembuluh arteri pada organ jantung menjadi lebih kaku. 

2. Nyeri Dada

Nyeri dada khususnya di bagian kiri juga menjadi salah satu tanda penyakit jantung. Rasa nyeri yang timbul digambarkan seperti ditekan atau diremas. Hal ini dipicu oleh otot jantung yang tidak memperoleh cukup darah dan oksigen.

3. Sesak Napas

Tak hanya asma dan gangguan pernafasan lainnya. Sesak nafas bisa timbul sebagai tanda dari penyakit jantung. Sebab, aliran darah yang tidak lancar akibat penumpukan plak dan penyempitan pembuluh darah akan menimbulkan rasa sesak di dada sebelah kiri. 

Baca Juga: Mencegah Lebih Baik dari Mengobati! Dokter Ungkap Rahasia Cegah Penyakit Jantung Sejak Muda, Jangan Tunggu Sakit Beauty!

Baca Juga: 6 Kegiatan Sepele yang Bisa Menurunkan Risiko Sakit Jantung di Masa Tua, Beauty Harus Lakukan dari Sekarang!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan