Menu

Alergi Susu Sapi Bisa Ancam Tumbuh Kembang Optimal Si Kecil, Ini Protein yang Bisa Jadi Nutrisi Penggantinya Moms!

23 Oktober 2023 13:55 WIB
Alergi Susu Sapi Bisa Ancam Tumbuh Kembang Optimal Si Kecil, Ini Protein yang Bisa Jadi Nutrisi Penggantinya Moms!

Ilustrasi anak akan meminum susu kental manis. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Tanpa disadari, protein pada susu sapi ternyata menjadi penyebab alergi yang terbesar kedua setelah telur pada anak-anak di Asia lho Moms! Hal ini karena kasein dan whey yang terdapat pada susu sapi bisa menyebabkan reaksi alergi pada anak-anak.

Reaksi-reaksi ini, dijelaskan Dokter Anak Konsultan Alergi Imunologi Prof. Dr. dr. Budi Setiabudiawan, Sp.A(K), M. Kes, dapat diperantarai Imunoglobulin E (IgE) atau non-IgE. 

"Reaksi alergi yang diperantarai IgE cenderung memiliki manifestasi klinis yang lebih berat, memakan waktu lebih lama untuk sembuh tetapi lebih mudah untuk mendiagnosisnya," jelasnya dalam acara Bicara Gizi yang dihelat Danone Specialized Nutrition (SN) baru-baru ini. 

Anak yang tak cocok susu sapi tetap membutuhkan asupan nutrisi seimbang untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya. Jika tak ditangani dengan tepat, kondisi alergi dapat berpotensi mengancam tumbuh kembang optimal anak. 

Dalam aspek perkembangan anak, gangguan alergi juga bisa berdampak pada fisik, sosial, dan kognitifnya, seperti gangguan daya ingat, kesulitan bicara, konsentrasi berkurang, hiperaktif dan lemas, yang bisa menyebabkan anak menjadi cenderung kurang percaya diri saat bersosialisasi.

Untuk itu, penting bagi orang tua untuk lebih memperhatikan alternatif nutrisi yang tepat agar kebutuhan makronutrien, termasuk protein, dan mikronutrien tetap dapat terpenuhi.

Baca Juga: Dokter Spesialis Anak Ungkap Perbedaan Intoleransi Laktosa dan Alergi Susu Sapi yang Sering Dikira Sama

Baca Juga: Pengaruhi Tumbuh Kembang Si Kecil, Ini 5 Tips yang Wajib Diketahui Agar Anak Makin Cerdas dan Percaya Diri, Apa Saja Sih?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan